Sering Sauna Bantu Turunkan Risiko Alzheimer - Kompas.com

Sering Sauna Bantu Turunkan Risiko Alzheimer

Kompas.com - 20/12/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi.

Sauna atau aktivitas yang menghasilkan banyak keringat, bisa menjadi cara baru untuk menghindari Alzheimer, sebuah penelitian dalam jurnal Age and Ageing mengungkapkan. Ini ditemukan pada pria yang rutin bersauna.

Selama penelitian 20 tahun, para peneliti dari University of Eastern Finland dan Bristol University melibatkan 2.315 pria paruh baya.

Peneliti menemukan, berada hampir setiap hari di ruang sauna dengan suhu mencapai 80 derajat celcius mengurangi pria terkena Alzheimer sebesar 65 persen. Tahun lalu, tim peneliti yang sama juga menemukan sauna juga bisa menangkal serangan jantung.

Alzheimer diduga dipicu oleh banyak faktor risiko yang sama seperti penyakit kardiovaskular, yaitu tekanan darah tinggi dan sirkulasi darah yang buruk. Sauna diperkirakan dapat memperlebar pembuluh darah, meningkatkan aliran darah, dan menurunkan tekanan darah.

Peneliti utama Profesor Jari Laukkanen, dari University of Eastern Finland, mengatakan, "Lewat studi ini diketahui juga bahwa kesehatan jantung dapat memengaruhi otak juga. Rasa tenang dan relaksasi alami selama mandi sauna mungkin memainkan peran terhadap kesehatan.”

Alzheimer, jenis dari demensia, kini menjadi pembunuh terbesar di Inggris. Sekitar 850.000 orang Inggris memiliki demensia dan saat ini belum ada pengobatan yang efektif.

Dr Clare Walton, Manajer Riset di Alzheimer Society mengatakan: "Menemukan cara untuk mengurangi risiko pengembangan kondisi ini dapat menjadi prioritas utama. Sauna diperkirakan dapat meningkatkan sirkulasi dan mengurangi tekanan darah, yang keduanya bisa mengurangi risiko terkena demensia.”

Walton menambahkan, ini adalah studi pertama untuk mencari hubungan antara bersauna dan membantu mengurangi risiko demensia.

Sejalan dengan penelitian bahwa pria Finlandia yang mengunjungi sauna lebih dari empat kali seminggu, dua pertiga lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan demensia selama 20 tahun ke depan.

Dr Rosa Sancho, Kepala Riset Alzheimer Research UK, mengatakan: "Meskipun mandi sauna tidak familiar bagi pria, penelitian ini menunjukkan bahwa berkunjung ke sauna beberapa kali seminggu dapat menurunkan risiko demensia.”


EditorBestari Kumala Dewi
SumberThe Sun
Komentar
Close Ads X