Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengisi Liburan Berkualitas Bersama Anak di Rumah

Kompas.com - 18/12/2016, 16:17 WIB
Dian Maharani

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak semua keluarga bisa menghabiskan waktu liburan bersama anak dengan jalan-jalan ke luar rumah dalam waktu lama.

Apalagi jika anak sudah libur sekolah, sementara orangtua masih harus sibuk bekerja. Orangtua pun kerap kebingungan mengisi kegiatan anak yang sudah libur.

"Orangtua yang di rumah maupun yang bekerja sama pusingnya, karena biasanya anak sibuk di sekolah. Pas libur kan harus memberikan aktivitas untuk anak," kata psikolog dari Rumah Dandelion, Carmelia Riyadhni dalam diskusi media bersama HOOQ di Jakarta, Jumat (16/12/2016).

Menurut Carmel, jika tak bisa berpergian, ciptakanlah kegiatan yang seru dan berkualitas di rumah. Misalnya dengan menonton film bersama.

Carmel mengatakan, menonton film untuk keluarga atau anak-anak bisa membantu si kecil memelajari sesuatu dalam kehidupan.

"Lebih baik konten yang dipilih berbau edukasi. Misalnya mau mengajari budaya pada anak, tontonlah film yang memiliki unsur budayanya. Atau kalau anak cowok suka bola, bisa nonton film tentang bola, anak bisa belajar sportivitas," papar Carmel.

Orangtua bisa menyampaikan pesan moral dari film yang ditonton. Setelah menonton, tanyakan pula pendapat anak mengenai film tersebut.

Selain menonton film, bisa juga dengan membuat maupun memodifikasi barang kerajinan atau barang yang sudah tidak terpakai menjadi benda yang bermanfaat. Kegiatan ini dikenal dengan DIY (do it yourself).

DIY akan mengasah keterampilan anak dan meningkatkan interaksi dengan orangtua. Agar anak tetap aktif bergerak selama di rumah, bisa juga melakukan permainan bersama di dalam rumah, maupun di halaman atau taman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com