Kompas.com - 13/12/2016, 17:28 WIB
Lamun ShutterstockLamun
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya peneliti menemukan bukti bahwa ekosistem bawah laut ternyata memiliki penyerbuk yang melakukan tugasnya sama seperti lebah di darat. 'Lebah laut' ini diketahui merupakan jenis krustasea.

Selama ini ilmuwan beranggapan seagrass atau lamun hanya mengandalkan air untuk menyebarkan serbuk sari. Namun hasil penelitian terbaru mengubah pandangan tersebut.

Sepanjang tahun 2009-2012, peneliti dari National Autonomous University of Mexico mendokumentasikan aktivitas krustasea nokturnal yang berada diantara lamun jenis Thalassia testudinum atau yang lebih dikenal dengan nama lamun kura-kura.

Melalui rekaman tersebut, ilmuwan melihat adanya invertebrata yang mengunjungi bunga yang memiliki serbuk sari, seperti halnya lebah melayang disekitar tanaman di daratan.

"Kami melihat semua hewan-hewan ini datang dan kemudian kami melihat mereka membawa serbuk sari," kata Brigitta Van Tussenbroek, peneliti dari National Autonomous University of Mexico seperti dikutip Science Alert, Sabtu (3/12/2016).

Mereka menciptakan istilah baru untuk menggambarkan cara penyerbukan tersebut. zoobenthophilous.

Untuk mengonfirmasi temuan lewat rekaman itu, tim peneliti kemudian melakukan percobaan. Brigitta menaruh beragam jenis krustasea kecil di sebuah akuarium berisi lamun Thalassia testudinum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sesaat kemudian, serbuk sari telah muncul pada bunga betina. Ini menunjukkan krustasea membawa serbuk sari dari bunga ke bunga, membantu untuk membuahi mereka.

Peneliti menduga, krustase tertarik dengan serbuk sari lengket yang diproduksi oleh bunga rumput laut jantan.

Saat mereka mencari makan diantara rumput laut tersebut serbuk sari lantas turut menempel pada krustasea.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.