Kompas.com - 12/12/2016, 09:15 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Yoga, latihan penyatuan pikiran dan tubuh yang didasarkan pada filosofi India kuno, saat ini masuk ke daftar warisan dunia nonbenda.

Olah tubuh dan jiwa tersebut masuk ke daftar bergengsi itu karena pengakuan pengaruhnya terhadap masyarakat India, mulai dari manfaat untuk kesehatan, pengobatan, hingga ke pendidikan dan seni. Demikian pernyataan komite warisan dunia.

"Dirancang untuk membantu setiap orang membangun kesadaran diri, meringankan segala penderitaan yang dialami, dan mengalami pembebasan, yoga dipraktikkan tua dan muda tanpa membedakan jenis kelamin, kelas, atau agama," imbuh pernyataan UNESCO.

Daftar warisan nonbenda ini dibuat sepuluh tahun lalu, tujuan utamanya meningkatkan kesadaran akan warisan penting tersebut. UNESCO pun kadang memberikan bantuan finansial atau teknis bagi negara yang berjuang melindungi warisan tersebut.

Hari Rabu lalu, badan PBB yang berbasis di Paris itu menambah dansa rumba dari Kuba dan budaya bir Belgia ke dalam daftar tersebut. Termasuk juga dalam daftar itu adalah diet Mediterania, opera Peking, dan tari gunting dari Peru.

Sementara itu, UNESCO mulai mengumpulkan daftar warisan dunia budaya dan alam, termasuk properti fisik, seperti Angkor Wat dari Kamboja ataupun Grand Canyon dari Amerika serikat pada 1972.

Daftar itu saat ini terdiri dari 814 situs budaya, 203 warisan alam, dan 35 warisan dengan kualitas alam serta budaya, seperti taman nasional Uluru dari Australia yang sebelumnya disebut Ayer's Rock.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Komite itu menyimpulkan review mereka terhadap nominasi daftar "perwakilan warisan budaya nonbenda" pada Jumat lalu.

 



Sumber Guardian
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X