Kompas.com - 05/12/2016, 07:25 WIB
Ilustrasi otak ShutterstockIlustrasi otak
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sering lupa di mana Anda meletakkan kunci dan dompet? Atau, sering lupa nama tetangga di sekitar rumah Anda? Itu adalah tanda Anda mengalami gangguan memori.

Kebanyakan gangguan memori terjadi pada usia tua, tapi banyak juga yang terjadi di usia muda. Untungnya, ada cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah atau memerlambat datangnya kepikunan. Lakukanlah tujuh hal ini demi menjaga kecerdasan Anda bertahan lebih lama.


1. Tetap aktif secara mental

Sama seperti aktivitas fisik yang membantu menjaga tubuh tetap sehat, begitupun aktivitas mental menjaga otak Anda menjaga tajam dan menjauhkan Anda dari ancaman gangguan memori.

Mengisi teka-teki silang, bermain bridge, mencoba rute alternatif saat berkendara adalah contoh kegiatan mental yang dapat melatih otak. Begitu juga dengan memainkan alat musik dan menjadi relawan di sebuah organisasi atau masyarakat setempat.

2. Bersosialisasi

Interaksi sosial membantu menangkal depresi dan stres, yang keduanya dapat membuat Anda kehilangan memori.

Studi tahun 2008 oleh University of Michigan yang dipublikasikan oleh Personality and Social Psychology Bulletin, mengatakan bahwa hanya 10 menit bicara dengan orang lain, sudah dapat meningkatkan memori sebesar yang Anda dapat dengan kegiatan seperti membaca atau bermain musik dalam jumlah waktu yang sama.

Luangkan waktu untuk bergaul bersama keluarga yang dicintai, teman dan komunitas Anda.

3. Belajar untuk teratur

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Oligomenore
Oligomenore
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.