Kompas.com - 04/12/2016, 09:35 WIB

KOMPAS.com - Penyanyi Demi Lovato telah secara terbuka dan terang-terangan menyatakan dirinya mengidap gangguan jiwa bipolar. Lovato ingin menunjukkan, orang dengan gangguan jiwa juga bisa hidup dengan baik. Contohnya adalah dirinya sendiri.

Kini, Lovato pun terus melakukan kampanye untuk mendukung orang-orang dengan gangguan jiwa. Ia ingin mengubah cara pandang masyarakat terhadap gangguan jiwa. Menurut dia, orang dengan gangguan jiwa sering mendapat stigma dan diskriminasi.

Demi melakukan kampanye The Be Vocal Collection. Kampanye itu memromosikan dokumentasi foto kehidupan orang dengan gangguan jiwa, seperti bipolar, depresi, kecemasan, skizofrenia, dan kondisi kesehatan mental lainnya.

Demi mengatakan, selama ini jika mengetik kata "bipolar" atau "skizofrenia" di mesin pencari, maka gambar yang muncul adalah bernuansa negatif, seperti gambar pil, gambar orang dengan tangan mereka di kepala, atau orang sedang menjambak rambutnya sendiri. Gambar-gambar yang ditampilkan biasanya penuh kegelapan.

Gambaran tersebut seolah menunjukkan betapa suramnya kehidupan dengan gangguan jiwa. Padahal, tidak selalu demikian.

Dengan pengobatan yang baik, dukungan keluarga dan orang-orang di sekitar, mereka yang memiliki gangguan mental juga bisa hidup seperti biasa.

"Kampanye The Be Vocal Collection dirancang untuk mengubah citra itu," kata pelantun Let it Go itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kampanye itu, mereka memotret dan menyebarluaskan foto-foto orang dengan gangguan jiwa dengan gambaran yang lebih positif. Subjek foto adalah orang-oarang gangguan jiwa berusia 26-67 tahun.

Mulai dari orang dengan bipolar, depresi, gangguan jiwa, gangguan kepribadian, hingga gangguan stres pasca-trauma. 

Foto yang ditampilkan tersebut antara lain, orang gangguan jiwa yang sedang yoga, sedang bepelukan, hingga liburan dengan keluarga. Semua foto penuh warna dan ceria.

Lovato mengatakan, foto-foto itu boleh digunakan secara umum dan gratis oleh siapa pun di media massa dan media sosial. Menurut Lovato, foto-foto itu adalah bukti bahwa dari sisi yang gelap, juga selalu ada harapan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.