Kompas.com - 30/11/2016, 20:33 WIB
MV Wilhelm Gustloff. WIKIPEDIAMV Wilhelm Gustloff.
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Hingga kini, masih banyak teka-teki seputar Hitler yang masih menjadi sebuah misteri. Bukan hanya soal kehidupannya, melainkan juga harta benda yang ia tinggalkan.

Selama Perang Dunia Kedua, Nazi mencuri jutaan poundsterling harta berharga yang terdiri dari emas serta benda-benda seni. Namun, harta tersebut hingga kini tidak pernah ditemukan.

Pemburu harta karun yang terobsesi bertahun-tahun mencoba melacak harta Hitler.

Kini, seorang penyelam mengklaim telah menemukan harta karun yang hilang milik Hitler sebesar 100 juta poundsterling.

Harta karun itu tersembunyi di sebuah kapal karam di dasar Laut Baltik.

Penyelam bernama Phil Sayer percaya bahwa harta tersebut terkubur di sebuah kapal perang Jerman MV Wilhelm Gustloff yang terletak 450 meter di dasar Laut Baltik.

Kapal itu tenggelam oleh torpedo Soviet di lepas pantai Polandia pada Januari 1945, menewaskan 9.500 pelaut.

Dugaan mengenai keberadaan harta di kapal perang Jerman ini tampaknya juga dibenarkan oleh salah satu korban selamat tragedi kapal, Wilhelm Gustloff.

Saat hari naas itu terjadi, Rudi Lange merupakan salah satu awak kapal yang bertugas di bagian pengendali radio. Ia bercerita jika melihat peti yang dipercaya membawa emas dimuat ke dalam kapal.

Rudi Lange turun ke dermaga untuk merokok dan kebetulan saat itu proses pemindahan kargo sedang berlangsung.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X