Efek Samping Suplemen Herbal

Kompas.com - 30/11/2016, 19:08 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Suplemen herbal sepertinya tidak berbahaya. Karena itu, kita semua kerap mengonsumsinya tanpa berpikir panjang. Tetapi terus terang saja, ada beberapa herbal yang bisa berbahaya pada kondisi medis tertentu.

Karena itu, penting untuk mengetahui herbal apa saja yang tidak boleh dikonsumsi sembarangan. Lebih baik lagi, konsultasi dulu ke dokter sebelum Anda memutuskan mengonsumsi suplemen herbal untuk situasi atau kondisi yang Anda alami.


Ginkgo

Orang sering mengonsumsi ginkgo untuk meningkatkan kemampuan memori. Beberapa orang percaya, ginkgo biloba juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan fungsi mental.

Tetapi, ginkgo bisa mengencerkan darah dan menyebabkan perdarahan. Itu sebabnya, suplemen ini tidak boleh dikonsumsi bersama dengan obat pengencer darah.


St. John Wort

Suplemen ini sering digunakan untuk masalah depresi, kecemasan dan sulit tidur. Tapi, St. John Wort dapat menyebabkan efek samping seperti sakit kepala, mual, pusing, mulut kering dan membuat Anda lebih rentan terhadap panas cahaya matahari. Suplemen ini juga membuat kemoterapi penderita kanker menjadi kurang efektif.


Jahe

Jahe kerap digunakan untuk meringankan mual yang disebabkan oleh operasi, kemoterapi, atau mabuk kendaraan. Kadang-kadang juga digunakan untuk mengobati arthritis atau nyeri sendi lainnya.

Perlu diketahui, jahe dapat menyebabkan masalah pembekuan darah, irama jantung, tekanan dan kadar gula darah. Anda tidak boleh mengonsumsinya jika Anda memiliki batu empedu atau bersamaan dengan obat pengencer darah.


Goldenseal

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber WebMD
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X