Kompas.com - 30/11/2016, 10:38 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), belum banyak fasilitas layanan kesehatan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Puskesmas Labuan Bajo pun menjadi andalan mereka untuk berobat.

Kepala Puskesmas Labuan Bajo, Gerarda Dewi Bantrang menceritakan, Puskesmas Labuan Bajo selalu ramai dikunjungi pasien dari sejumlah desa. Tak hanya rawat jalan, puskemas ini juga banyak melayani pasien rawat inap.

"Ada 30 tempat tidur untuk rawat inap. Saat ini penuh," kata Dewi saat ditemui Kompas.com, Selasa (29/11/2016).

Dewi mengaku kerap kewalahan dengan banyaknya pasien, terutama pada musim pancaroba. Diare merupakan masalah yang sering muncul jelang akhir tahun.

Data terakhir di Puskesmas Labuan Bajo, terdapat peningkatan drastis kasus diare, yakni 27 kasus pada bulan September, menjadi 61 kasus pada bulan Oktober 2016.

Puskemas Labuan Bajo sering kewalahan bukan hanya karena membludaknya pasien, tetapi juga kurangnya tenaga kesehatan.

"Di sini dokter umum hanya ada tiga, dokter gigi satu. Setidaknya ada delapan dokter," ungkap Dewi.

Puskesmas Labuan Bajo juga menjadi andalan karena fasilitasnya sudah lumayan lengkap dibanding puskesmas lain di daerah.

Selain poli umum, juga terdapat poli kesehatan ibu dan anak, poli tuberkulosis, layanan Unit Gawat Darurat 24 jam, pelayanan sanitasi, KB, hingga IVA untuk deteksi dini kanker serviks.

Sayangnya, ada beberapa alat kesehatan yang saat ini tidak berfungsi, yaitu Elektrokardiografi (EKG) atau alat rekam jantung dan nobulizer untuk mengatasi kasus sesak napas. Padahal, kedua alat tersebut sangat dibutuhkan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.