Kompas.com - 25/11/2016, 21:03 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Kasus keracunan salmonella kian menjadi umum. Bakteri yang hidup di daging, telur, dan bahan makanan mentah ini membuat banyak orang dilarikan ke rumah sakit.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), beberapa bulan terakhir peringatan baru tentang wabah salmonella terus diberikan. Keracunan makanan akibat kontaminasi salmonella telah membuat 19.000 orang dilarikan ke rumah sakit setiap tahun.

Salmonella sendiri merupakan bakteri yang hidup di bahan makanan mentah seperti daging, telur, dan sayuran segar.

Bakteri ini dapat memengaruhi saluran usus dan dapat menyebabkan masalah serius, seperti dehidrasi berat. Satu-satunya cara untuk mendiagnosis keracunan salmonela adalah melalui tes darah atau tinja. Namun, kontaminasi salomonela umumnya memiliki gejala berikut:

- Diare lebih dari 3 hari.
- Nyeri perut.
- Demam.
- Mual dan muntah.

Gejala tersebut biasanya berlangsung selama empat sampai tujuh hari. Namun, untuk mencegah penyakit serius, pastikan untuk tetap terhidrasi dengan banyak minum bila gejala tadi timbul. Bila gejala semakin parah dalam 3 hari, ada baiknya segera konsultasikan ke dokter.

Bayi dan orang dewasa di atas 65 tahun, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah lebih mungkin untuk mengembangkan penyakit yang lebih serius dengan gejala yang lebih berat.

Jika Anda termasuk dalam kategori ini, CDC merekomendasikan Anda mengonsumsi antibiotik, namun tetap sesuai resep dokter.

Untuk menghindari terinfeksi bakteri salmonella, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan, yaitu:

- Pastikan untuk benar-benar mencuci tangan dengan antiseptik setelah: Menggunakan kamar mandi, mengganti popok, memegang daging mentah atau unggas, membersihkan kotoran hewan peliharaan, menyentuh reptil atau burung.

Sumber Fox News