Kompas.com - 23/11/2016, 20:13 WIB
|
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Keberadaan situs Stonehenge di Inggris masih misterius. Hingga kini belum ada yakin bagaimana dan untuk apa monumen batu-batu raksasa tersebut dibangun.

Namun sebuah penemuan terbaru nampaknya akan membantu mengungkap misteri Stonehenge.

Sebuah komplek prasejarah ditemukan di sebuah desa bernama Larkhill di Wilshire Inggris sekitar 2,4 km dari situs Stonehenge.

Komplek tersebut diperkirakan dibangun 5.650 tahun yang lalu atau 1.000 tahun lebih dahulu dibandingkan Stonehenge.

Para arkeolog memperkirakan komplek tersebut merupakan tempat suci di mana orang zaman Neolitik melakukan upacara dan juga pesta.

Benda-benda yang ditemukan antara lain tulang sapi, piring keramik, serta sisa-sisa tulang manusia.

Temuan ini menjelaskan lebih lanjut bahwa jauh sebelum Stonehenge dibuat, wilayah tersebut memang sering digunakan sebagai aktivitas ritual kuno.

Adanya penemuan ini tentu akan membantu memecahkan misteri situs Stonehenge yang selama ini diduga merupakan bangunan makam atau kuil. Bahkan peneliti juga berpendapat sebagai observatorium raksasa pada jaman kuno yang digunakan untuk memantau bintang.

Arkeolog menemukan situs tersebut secara tidak sengaja, saat Kementrian Pertahanan Inggris tengah mempersiapkan untuk pembangunan rumah tentara di wilayah itu.

"Situs yang baru ditemukan merupakan salah satu penemuan yang paling menarik," kata Martin Brown, Ketua Arkeolog dari perusahaan konsultasi WYG seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (21/11/2016).

"Penemuan ini mengubah cara berpikir kita mengenai intensitas kegiatan neolitik di sekitar Stonehenge," tambahnya.

Kementrian Pertahanan saat ini mendanai daerah yang akan sepenuhnya digali untuk mengetahui lebih lanjut yang terjadi di bawah situs.

Sejauh ini para arkeolog telah menggali sekitar 17 persen area tersebut serta melakukan penelitian lebih lanjut terhadap temuan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.