Kompas.com - 14/11/2016, 10:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Noah, putra dari penyanyi dan pencipta lagu Michale Buble, saat ini dikabarkan sedang menjalani pengobatan untuk penyakit kanker lever, sebuah kondisi yang sangat jarang diderita anak.

Noah yang baru berusia 3 tahun itu akan mendapat kemoterapi selama empat bulan. Buble dan istrinya, Luisana Lopitalo, aktris Argentina, mengungkapkan penyakit anaknya di laman Facebook pada 4 November 2016, tetapi tidak menyebutkan jenis kankernya.

Jenis kanker lever yang biasanya diderita anak adalah hepatoblastoma. Kanker tersebut dapat diderita anak berusia kurang dari 5 tahun. Menurut situs RS Anak Philadelphia (CHOP), kanker ini sangat jarang, hanya diderita 1-2 anak per sejuta anak. Di AS saja, setiap tahun hanya ditemukan 100 kasus hepatoblastoma.

Peneliti tidak mengetahui penyebab kanker ini, tetapi lebih banyak dijumpai pada anak yang lahir prematur dengan berat badan rendah.

Terapi untuk kondisi tersebut meliputi kemoterapi untuk mengurangi ukuran tumor, diikuti dengan operasi untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin. Jaringan lever bisa bertumbuh lagi meski ada bagiannya yang diangkat.

Setelah operasi, kemoterapi perlu diulang untuk mengurangi kemungkinan kanker tumbuh lagi.

Jenis kanker tersebut sangat responsif pada kemoterapi, tetapi dalam kasus yang ekstrem diperlukan transplantasi lever.

Angka kesembuhan dari kanker hepatoblstoma mencapai 80 persen jika kankernya hanya di sebagian lever dan berhasil dioperasi. Namun, jika kankernya mengenai seluruh lever atau menyerang ke organ lain, usia harapan hidup sampai 5 tahun hanya sekitar 20-70 persen.

Dalam laman Facebook-nya, Buble mengatakan, ia dan istrinya sangat hancur dengan diagnosis tersebut dan memutuskan untuk sementara tidak akan berkarier demi menemani putranya berobat.

"Kami memiliki perjalanan yang panjang di depan, dan berharap mendapat dukungan dari keluarga, teman, dan fans di seluruh dunia. Semoga kami memenangi pertempuran ini dan dikehendaki Tuhan," tulis Buble.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.