Begini Cara Ponsel Merusak Kesehatan Mental dan Fisik

Kompas.com - 13/11/2016, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Ponsel Anda adalah sumber kegembiraan ketika Anda sedang chatting dengan teman-teman. Juga bermanfaat untuk banyak hal lain seperti mengirim email, menjadi alarm agar Anda tak terlambat bangun dan lain sebagainya.

Tapi, terlalu lekat dengan ponsel juga tidak baik karena bisa memicu gangguan kesehatan baik fisik maupun mental.

Nomophobia

Kecanduan ponsel adalah suatu gangguan yang nyata ada. Para ahli menamakannya "nomophobia" (no-mobile-phone-phobia alias fobia jika tidak membawa ponsel).

Sebuah survei terbaru menemukan bahwa 84 persen dari populasi dunia mengatakan, mereka tidak bisa pergi ke luar rumah tanpa ponsel.

Penelitian lain menunjukkan, bahwa hampir dua-pertiga remaja dan dewasa muda memeriksa ponsel mereka setiap 15 menit atau bahkan kurang dari itu. Kecemasan dan stres pada orang dengan nomophobia menyangkut kekhawatiran jika tidak bisa memantau media sosial.

Solusinya: "Saran saya, yang terbaik adalah berlatih untuk tidak memeriksa ponsel selama beberapa waktu," kata Dr Larry Rosen, profesor psikologi di California State University.

Jika Anda mengalami kesulitan melakukannya, Rosen menyarankan Anda memeriksa telepon selama satu menit, kemudian mematikannya dan menempatkannya terbalik di depan mata selama 15 menit. Setelah itu, nyalakan lagi dan cek selama satu menit dan ulangi proses yang sama.

Perlahan, tingkatkan waktu 15 menit menjadi 20, 25, 30 dan seterusnya. Anda akan merasakan, bahwa tidak akan terjadi apa-apa jika Anda harus berpisah dari ponsel dan bahwa kecemasan Anda itu bukan sesuatu yang nyata.

Sarang kuman

Studi dari University of Arizona menemukan bahwa rata-rata ponsel memiliki jumlah kuman hingga 10 kali jumlah kuman yang ditemukan di kamar mandi! Kita sering menempatkan ponsel di atas yang kotor, atau memegangnya tanpa mencuci tangan.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X