Kendall Jenner Mengalami Lumpuh Saat Tidur

Kompas.com - 10/11/2016, 16:45 WIB
Kendall Jenner BUSTLE.COMKendall Jenner
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kendall Jenner, model dan selebgram, mengaku mengalami masalah yang dialami sekitar delapan persen populasi, kelumpuhan saat tidur. Ia terbangun di tengah malam dan tak dapat bergerak. 

Kelumpuhan saat tidur adalah fenomena ketika kita sadar dan terbangun tetapi tubuh lumpuh (kecuali mata), dan antara 80 dan 90 persen penderitanya mengalami mimpi buruk atau halusinasi yang mengganggu.

"Itu dapat menjadi pengalaman menakutkan," kata Brian Sharpless, associate professor di American School of Professional Psychology di Argosy University dan penulis buku Sleep Paralysis

Para ahli tak yakin penyebab gangguan ini. Mereka menduga stres dan segala hal yang mengganggu tidur seperti alkohol, kafein atau jet lag dapat menyebabkan terjadinya fenomena ini.

Kelumpuhan saat tidur juga dapat menjadi gejala penyakit lain seperti gangguan tidur serius, gangguan kesehatan mental, seperti insomnia, narcolepsi, gangguan kecemasan, panik dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Sharpless bukan dokter yang merawat Kendall, tetapi ia mencatat beberapa hal yang dialaminya di acara TV seperti kecemasan serta jet lag yang dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya pengalaman itu. Gangguan itu dapat menakutkan. Tetapi bagi sebagian besar orang kelumpuhan tidur itu terjadi sesekali dan biasanya tidak berbahaya. 

Berikut ini empat fakta mengenai kelumpuhan saat tidur. 

1. Lazim terjadi pada orang yang mengalami masalah kesehatan mental

Riset menemukan kejadian ini lebih lazim dialami orang dengan gangguan mental atau orang dewasa muda, lebih dari 28 persen mahasiswa, hampir 32 persen pasien psikiater dan hampir 35 persen orang dengan gangguan panik. 

2. Bagi sebagian besar, gangguan ini bukan masalah kronis

Diperkirakan antara 15-45 persen orang dengan gangguan ini mengalaminya berulang kali dan bukan sebagai efek samping penyakit gangguan tidur atau penyakit lain. Orang yang mengalami gangguan berulang juga cenderung bermasalah dengan tidur seperti kesulitan tertidur. 

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X