Kompas.com - 09/11/2016, 07:08 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Kehilangan orang yang kita cintai memang berat. Di luar perasaan sakit, ternyata patah hati sangat memengaruhi kesehatan. Salah satu efek yang nyata terlihat adalah berat badan bertambah.

Ketika tak ada lagi orang yang dicintai di samping kita, tentu ada perubahan kebiasaan yang dialami. Perasaan kesepian dan marah mungkin mendominasi.

Reaksi terhadap perubahan itu juga dirasakan tubuh dengan bertambahnya berat badan. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

- Kekosongan otoritas
Seseorang yang pergi itu; apakah orangtua, kekasih, atau anak, memiliki otoritas dan pengaruh dalam hidup kita. Kita menjalani kehidupan untuk mencintai dan menghormati orang itu. Saat ia tidak ada, kehilangan itu memicu gen tertentu dan membuat tubuh lebih gampang naik berat badan. Apalagi jika terjadi perubahan pola makan.

- Kehilangan dukungan
Sekuat apa pun Anda, akan ada saat dalam hidup di mana Anda butuh seseorang untuk memberi kenyamanan, dukungan, dan pemahaman. Saat seseorang yang menjadi bagian dari sistem suport itu tak ada, akan ada rasa kesepian yang besar.

Biasanya saat kesepian seseorang akan mencari hal lain yang memberi rasa nyaman, yaitu makanan. Tanpa disadari berat badan pun bertambah. Menyadari bahwa Anda memiliki teman atau keluarga yang selalu ada untuk mendukung Anda bisa membantu mengurangi rasa kesepian dan keinginan untuk makan.

- Masalah psikologi
Ada persepsi umum yang menyebut bahwa orang gemuk sebenarnya memiliki masalah psikologi yang belum disadari. Tetapi, hal itu tak selalu benar. Menganggap kenaikan berat badan karena kehilangan seseorang bisa menambah perasaan tidak bersalah. Apalagi saat patah hati, kita pun menjadi lebih rentan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kematian orang tercinta memang bisa memicu, tapi bukan penyebab langsung kegemukan. Jangan jadikan kesedihan sebagai alasan untuk makan apa yang kita suka secara berlebihan.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Nyeri Ulu Hati
Nyeri Ulu Hati
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.