Kompas.com - 03/11/2016, 16:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Bau mulut pada pagi hari adalah sesuatu yang normal walau kondisi itu menimbulkan rasa tidak nyaman terhadap seseorang yang ingin memberikan ciuman pagi.

Bau mulut terjadi karena bakteri di rongga mulut tidak bersih.

"Selama kita terjaga, air liur membantu memecah bakteri. Namun, saat tidur, mulut akan kering dan hanya ada sedikit saliva untuk menyingkirkan bakteri," kata Jonathan Robert, dokter gigi di New York.

Siapa pun bisa mengalami bau mulut karena setiap orang memiliki bakteri di mulutnya. Namun, sebagian orang napasnya menjadi sangat berbau karena adanya bakteri penghasil sulfur yang berkoloni di bagian atas lidah.

Bakteri ini menghasilkan bau yang lebih intens.

Konsumsi makanan yang menghasilkan bau mulut, seperti bawang putih atau petai, saat makan malam, juga membuat aroma mulut pada pagi hari menjadi kurang sedap.

Walau kita sudah rajin membersihkan gigi, tetapi untuk mengurangi bau mulut, bersihkan pula bagian lidah.

"Pembersih lidah sangat membantu untuk mencegah bau mulut," kata Robert.

Jika membersihkan lidah secara teratur tidak menghilangkan bau mulut Anda, konsultasikan kepada dokter tentang produk obat kumur yang bisa membunuh bakteri penghasil sulfur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.