Kompas.com - 31/10/2016, 17:28 WIB
Pemandangan danau dalam lautan di dasar Teluk Meksiko. EVnautilus/YoutubePemandangan danau dalam lautan di dasar Teluk Meksiko.

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, ilmuwan menemukan danau di dalam lautan. Manusia yang menyelam hingga danau tersebut akan mati keracunan.

Perairan di Teluk Meksiko yang ditemukan oleh ilmuwan tersebut bisa disebut danau sebab kadar garamnya jauh lebih tinggi dari perairan sekitarnya.

"Ini adalah sesuatu yang paling menakjubkan di laut dalam. Anda menyelam ke laut dalam dan menemukan danau atau sungai yang mengalir, rasanya seperti tak berada di Bumi," kata Erik Cordes dari Temple University.

Erik yang memublikasikan temuannya di jurnal Oceanography minggu lalu mengatakan, danau di dalam lautan itu punya kadar garam lima kali lebih tinggi dari sekitarnya.

Tak cuma itu, danau itu juga kadar metana dan hidrogen sulfida sangat tinggi. Itulah sebabnya perairan danau itu tak bisa bercampur sempurna dengan perairan sekitarnya.

Hampir tak ada makhluk hidup yang mampu hidup di lingkungan itu. Manusia yang menyelam ke dalamnya akan mati sia-sia akibat keracunan. Hanya bakteri yang bisa menoleransi metana dan garam tinggi yang akan sintas.

Bagi ilmuwan, danau itu adalah ladang penelitian menarik. Para ilmuwan bisa mempelajari bagaimana makhluk hidup tertentu bisa hidup dalam kondisi ekstrem.

"Ada banyak ilmuwan yang mencari habitat-habitat ekstrem seperti ini dan menjadikannya model untuk memerkirakan apa yang bisa ditemukan di planet lain," jelas Cordes seperti dikutip Science Alert, Kamis (27/10/2016).