Deteksi Lubang Tutup Tangki Motor yang Tersumbat

Kompas.com - 19/10/2016, 09:25 WIB
Lubang Sirkulasi udara di tutup tangki Stanly/OtomaniaLubang Sirkulasi udara di tutup tangki
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAzwar Ferdian

Jakarta, Otomania - Saat sepeda motor dengan sistem kaburator mati mendadak, tidak selalu karena kehabisan bahan bakar atau masalah pengapian. Lubang kecil pada tutup tangki yang kotor juga bisa menjadi biang keladi yang menghambat suplai bahan bakar turun ke karburator.

Baca: Jaga Lubang Ini pada Tutup Tangki Sepeda Motor

Sekadar informasi, pada bagian tutup tangki terdapat ventilasi atau lubang dengan ukuran 1 mm yang letaknya bervariasi. Fungsi lubang ini bukan sebagai aksesori, melainkan ventilasi untuk sirkulasi udara.

"Seperti yang sudah dijelaskan, bila tertutup kotoran maka akan menggangu aliran bahan bakar ke karburator. Karburator menjadi kering sehingga mesin pun tiba-tiba mati mendadak karena tidak ada bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar," ucap Rangga Noviar, Analyst Technical Service Honda Sales Operation Jakarta Center kepada Otomania, Selasa (18/10/2016).

Rangga menyarankan bila menemui kasus seperti ini pemilik motor tidak perlu khawatir. Setelah memastikan kondisi bahan bakar masih penuh dan pengapian serta busi normal, silakan coba nyalakan mesin dengan posisi tutup tangki dilepas.

Bila motor kembali hidup, bisa dipastikan 100 persen penyebabnya adalah karena lubang ventilasi yang tersumbat.

Febri Ardani Tangki bahan bakar Yamaha R25 Pakai “Kondom”.

"Bila kurang yakin, tinggal tutup kembali tangkinya, kalau mesin mati sudah pasti akurat akibat lubang yang tersumbat," kata Rangga.

Menurutnya, tidak ada teknik khusus untuk merawat dan membersihkan lubang ventilasi tersebut. Orang awam pun bisa melakukan tanpa kendala, cukup mengorek lubang untuk memastikan tidak ada kotoran, atau baiknya dengan menyemprotkan dengan tekanan udara dari kompresor.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X