Kompas.com - 18/10/2016, 17:36 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Citra yang diambil wahana Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) menunjukkan wajah Mars yang tak pernah dilihat sebelumnya.

Dalam citra tersebut, Mars terlihat kekuningan, bukan merah seperti biasanya. Hal itu karena MAVEN mengambilnya dengan kamera Imaging Ultraviolet Spectograph yang berbasis sinar UV.

Wajah Mars yang berbeda itu mengungkap fenomena yang membuat Mars tetap terlihat berkilau kala malam. Fenomena itu disebut nightglow.

Nightglow dipicu oleh sinar ultraviolet dari matahari saat siang yang memecah molekul gas karbon dioksida dan nitrogen.

Atom hasil pemecahan molekul itu dibawa angin mengelilingi mars. Malamnya, atom itu turun ke lapisan atmosfer yang lebih rendah, membentuk molekul nitrogen oksida (NO). Energi dari proses itu menjelma jadi cahaya UV.

Fenomena nightglow sebenarnya terjadi di semua planet. MAVEN adalah wahana antariksa pertama yang berhasil merekam fenomena itu di Mars.

Selain nightglow, MAVEN juga mendokumentasikan fenomena pembentukan awan di gunung raksasa mars serta lapisan ozon di kutub planet tersebut.

"Orbit MAVEN bisa dibilang sangat pas," kata Justin Deighan dari University of Colorado yang mempimpin observasi dengan MAVEN.

"MAVEN cukup tinggi untuk mengambil citra global tapi mengobrit cepat sehingga bisa mengambil sejumlah wajah mars dari hari ke hari," imbuhnya.

Wahana MAVEN diluncurkan sejak 18 November 2013, bertugas mempelajari atmosfer mars. Dengan MAVEN, ilmuwan berharap menemukan kemungkinan mars mendukung kehidupan pada masa lalu dan saat ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.