Kompas.com - 17/10/2016, 17:55 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - China mengirim dua astronotnya untuk menjalankan misi tinggal selama sebulan di stasiun luar angkasa miliknya, Tiangong-2.

Dua taikonut - demikian astronot China disebut - telah diberangkatkan pada Senin (17/10/2016) pagi dari Jiuquan Satellite Launch Center di Gurun Gobi.

Pimpinan misi Jing Haipeng dan insinyur penerbangan Chen Dong terbang menggunakan pesawat antariksa Shenzou-11, diperkirakan sampai pada Selasa besok.

Presiden China Xi Jinping memberikan selamat seiring keberhasilan peluncuran misi berawak itu. Ia mengatakan, "misi ini menandai lompatan penerbangan antariksa China."

Tiangong-2 yang menjadi tempat tujuan misi sebenarnya merupakan stasiun luar angkasa China yang hingga kini masih dalam tahap pengembangan.

Dibanding Tiangong-1 pendahulunya yang diperkirakan akan jatuh ke bumi tahun 2017 mendatang, Tiangong-2 punya modul pendukung kehidupan, daya, perangkat komunikasi dan riset yang lebih lengkap.

Misi kali ini adalah yang ketiga bagi Haipeng. Sebelumnya, ia telah melakukan misi 15,5 hari pada 2008 dan 2012 lewat penerbangan Shenzou 7 dan Shenzou 9.

Sementara bagi Dong, misi ini adalah yang pertama. 'Saya merasa tersanjung ketika terpilih. Saya tak tahu banyak tentang penerbangan jadi harus menghabiskan banyak waktu untuk belajar teori," katanya.

Seperti pesawat luar angkasa Rusia dan Amerika Serikat, Shenzou sebenarnya bisa membawa tiga orang awak. Namun, China memilih hanya membawa dua awak kali ini dan mengalokasikan tempat untuk muatan yang lebih banyak.

Wu Ping, juru bicara Pusat Penerbangan Antariksa China, mengatakan, "Begitu sampai di Tiangong-2, taikonut akan melakuakn banyak eksperimen yang menunjukkan peran, efek, dan aktivitas manusia dalam aktivitas keantariksaan."

Eksperimen yang akan dilakukan diantaranya soal material, medis, tiga eksperimen yang diprakarsai pelajar, pertumbuhan tanaman, dan teknik perbaikan orbit.

Misi diperkirakan akan berakhir pertengahan bulan depan. Haipeng dan Dong akan kembali ke bumi, mendarat di Mongolia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.