Cegah Sembelit Saat Perjalanan Jauh

Kompas.com - 16/10/2016, 12:23 WIB
Ilustrasi. shutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Anda sedang dalam perjalanan dan tiba-tiba perut Anda bermasalah. Anda seperti kehilangan kemampuan untuk BAB dengan lancar.

"Ini disebabkan oleh perubahan rutinitas," kata Kyle Staller, m.d., dokter ahli pencernaan di Rumah Sakit Umum Massachusetts.

Usus Anda memiliki irama rutuin sama halnya dengan bagian tubuh lainnya. Ketika Anda bepergian, rutinitas Anda bisa berubah dan akibatnya terjadi kekacauan dengan usus dan pencernaan. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut.

1. Tetap terhidrasi.

Dehidrasi bisa menjadi masalah besar ketika Anda bepergian dan ini dapat berdampak negatif pada usus besar.

"Terutama jika Anda menggunakan pesawat terbang karena perbedaan ketinggian, udara sekeliling Anda menjadi lebih kering," kata Gina Keatley, perawat dialisis yang berbasis di New York.

"Artinya, Anda akan kehilangan kelembaban tubuh. Kemudian, Anda membatasi minum karena menghindari buang air kecil yang sering. Terjadilah konstipasi sebagai akibatnya."

Karena itu, Keatley mengajurkan Anda memerbanyak minum sehari sebelum bepergian dan menjaga asupan air tetap normal selama Anda di perjalanan.

2. Hindari alkohol saat transit.

Minum alkohol selama transit akan semakin membuat Anda dehidrasi. Jika Anda tak tahan untuk tidak minum alkohol, perbanyaklah minum air putih untuk memastikan Anda cukup terhidrasi.

3. Sedia serat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber SELF
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X