Bumi Punya Adik Kecil Baru di Tepian Tata Surya, Namanya 2014 UZ224

Kompas.com - 13/10/2016, 19:50 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Bumi kini memiliki adik kecil baru di tepian tata surya. Ilmuwan menamainya 2014 UZ224.

Berdiameter 530 kilometer dan terletak di wilayah sejauh 13,7 miliar kilometer dari matahari, 2014 UZ224 disebut adik kecil sebab tak sekelas dengan bumi.

Bumi dengan kestabilan orbit dan ukurannya layak disebut planet, sementara obyek yang baru ditemukan kali ini tidak ditemukan ini tidak karena terlalu kecil.

Dengan ukurannya yang kecil, ilmuwan tak bisa menggolongkan 2014 UZ224 sebagai planet. Bahkan, belum jelas apakah 2014 UZ224 merupakan planet kerdil.

Hingga saat ini, orbit 2014 UZ224 belum diketahui pasti.

Diberitakan Scientific American, Rabu (12/10/2016), Minor Planet Center di International Astronomical Union (IAU) mengatakan, 2014 UZ224 jelas eksis. Namun, belum dipastikan apakah 2014 UZ224 memang planet kerdil.

David Gerdes dari University of Michigan mengatakan, 2014 UZ224 ditemukan dengan Dark Energy Camera (DECam).

DECam merupakan bagian dari Dark Energy Survey yang sebenarnya bertujuan mengamati galaksi dan supernova. dari pengamatan tersebut, ilmuwan berharap bisa mendapatkan petunjuk tentang materi gelap.

Beberapa tahun lalu, Gerdes mengajak mahasiswa S-1 menggunakan DECam untuk mengamati tata surya.

Salah satu mahasiswa kemudian mengembangkan perangkat lunak untuk mendeteksi obyek-obyek di tata surya lebih mudah dengan interval observasi yang tak pasti.

Pengamatan itu kemudian menemukan 2014 UZ224.

Penemuan awal ditindaklanjuti Gerdes. Lewat serangkaian observasi, akhirnya keberadaan 2014 UZ224 berhasil dikonfirmasi setelah 2 tahun.

Jika nanti dikonfirmasi sebagai planet kerdil, 2014 UZ224 akan satu kelas dengan Ceres, Makemake, dan eris.

Untuk sementara, paling tidak kita bisa bergembira sebab tata surya sebagai sebuah keluarga besar punya anggota baru.