Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelayanan Kesehatan yang Bermartabat bagi Orang dengan Gangguan Jiwa

Kompas.com - 10/10/2016, 10:40 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Tanggal 10 Oktober diperingati secara global sebagai Hari Kesehatan Jiwa Sedunia (HKJS). Peringatan ini untuk mengingatkan semua orang pentingnya menjaga kesehatan jiwa selain kondisi fisik.

Pertama kali diperingati pada tahun 1992 atas inisiatif Federasi Kesehatan Mental International, HKJS tahun ini mengambil tema ‘Martabat dalam Kesehatan Jiwa – Pertolongan Pertama Psikologis dan Kesehatan Jiwa untuk Semua”.

Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), dalam siaran pers-nya menjelaskan, tema HKJS tahun ini bertujuan untuk mendorong agar martabat orang dengan gangguan jiwa semakin dihargai, terutama dalam pelayanan kesehatan umum.

"Sudah terlalu sering orang dengan gangguan jiwa dan keluarga mereka tidak mendapatkan martabatnya manakala berkontak dengan penyedia layanan kesehatan dan dengan masyarakat luas. Mereka merasakan penghinaan mendalam dari cara mereka diperlakukan. Profesional kesehatan mengabaikan masalah kesehatan jiwa dan orang dengan gangguan jiwa dengan alasan tidak ada waktu; kalau pun dilayani maka hanya sekedarnya," tulis PDSKJI.

Dampak kesehatan jiwa dan psikososial pada mereka yang terpapar peristiwa krisis juga sudah banyak diketahui. Oleh karena itu diperlukan pertolongan pertama psikologis bagi orang yang mengalami distress berat setelah terpapar pada kejadian traumatik. Lebih jauh, pertolongan pertama psikologis ini harus menjadi bagian dari kesiapsiagaan bencana.

"Dukungan yang didasarkan pada prinsip-prinsip pertolongan pertama psikologis merupakan bentuk dukungan yang dapat dilakukan baik oleh profesional maupun non-profesional/awam setelah mendapatkan orientasi yang singkat," katanya.

PDSKJI mendorong agar dalam jangka panjang pemerintah menyediakan layanan kesehatan jiwa komunitas, sosial, dan pendidikan, yang menjawab kebutuhan jangka panjang.

"Untuk mendukung kesiapsiagaan bencana dan tanggap darurat, PDSKJI senantiasa siap menyediakan para profesional kesehatan jiwa, para psikiater, yang menjadi anggotanya untuk mengambil bagian dalam upaya kemanusiaan bersama," katanya.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com