Nugroho Imam Setiawan Akan Jadi Geolog Indonesia Pertama yang Menginjak Antartika

Kompas.com - 06/10/2016, 22:24 WIB
Nugroho Imam Setiawan menyampaikan rencana ekspedisinya ke Antartika yang akan dimulai 27 November 2016. Monika NovenaNugroho Imam Setiawan menyampaikan rencana ekspedisinya ke Antartika yang akan dimulai 27 November 2016.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Ekspedisi ke Antartika tahun 2016, bagi Indonesia, terasa istimewa. Pasalnya, salah satu peneliti Indonesia akan berpartisipasi.

Nugroho Imam Setiawan akan menjadi geolog Indonesia pertama yang menjejakkan kaki di Antartika. Selama empat bulan ia akan melakukan penelitian bersama tim dari Japan Antarctic Research Expedition (JARE).

Ekspedisi yang akan dilaksanakan pada 27 November 2016-22 Maret 2017 ini sekaligus juga akan mencatat Nugroho sebagai geolog indonesia yang terlama melakukan penelitian di Antartika.

Dalam sebuah presentasi rencana ekspedisi geologi di Antartika bersama Japan Antartic Expedition ke-58 (JARE58) di Universitas Gadjah Mada, Kamis (6/10/2016), Nugroho menjelaskan mengenai rencananya.

Menurut dia, penelitian akan memfokuskan untuk mengetahui evolusi bumi sebagai dasar ilmu kebumian supaya bisa dimanfaatkan serta diaplikasikan di kemudian hari.

Ia dan timnya akan mengambil sampel batuan metamorf, kemudian menganalisis proses yang membentuk batuan tersebut untuk mengetahui proses evolusi bumi.

"Melalui batuan metamorf tersebut kita bisa merekonstruksi bagaimana evolusi bumi, misalnya bagaimana benua-benua di bumi bisa tercipta," jelasnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Batuan metamorf sendiri merupakan batuan yang terbentuk karena adanya perubahan suhu dan tekanan. Di Antartika-lah para peneliti bisa menemukan batuan metamorf yang masih dalam kondisi bagus dan menyimpan informasi geologi penting.

"Jadi batuan metamorf ini ibarat black box yang akan mengungkap misteri mengenai evolusi bumi," tambahnya.

Total ada 80 peneliti yang ikut serta dalam ekspedisi ini yang terdiri dari berbagai peneliti dari beragam ilmu disiplin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.