Hati-hati, Kebiasaan Simpan Dompet di Saku Belakang Bisa Sebabkan Gangguan Saraf

Kompas.com - 28/09/2016, 20:48 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Siapa bilang berdompet tebal tidak bikin susah? Dompet tebal yang dimasukkan ke dalam saku celana belakang - biasanya oleh para lelaki di saku kanan - bisa menyebabkan nyeri di sekujur kaki. Arti dompet tebal di sini benar-benar dompet berukuran tebal, karena ada banyak uang atau kartu yang disimpan di dompet.

Gangguan ini bisa disebut "pegal gara-gara dompet" (wallet sciatica). Karena memang umumnya, disebabkan kebiasaan menaruh dompet berukuran tebal di saku celana belakang, entah saku kanan ataupun saku kiri.

Pemilik dompet tidak sadar ketika duduk dompetnya menekan bokong. Jika hal itu berlangsung terus, lama kelamaan bisa muncul gangguan pada area kaki belakang.

Penjelasannya, dompet atau benda yang tebal akan menekan saraf sciatic atau berpengaruh pada otot piriformis hingga berakibat gangguan pada saraf-otot. Akibatnya akan terasa nyeri, pegal, atau kesemutan pada daerah bokong.

Rasa tidak nyaman itu juga bisa menjalar pada sepanjang saraf sciatic, dari bokong sampai ke tumit. Jangan sepelekan jika sudah terkena gangguan ini, karena bisa mengganggu kualitas hidup.

Cara mencegah gangguan ini cuma satu: jangan menyimpan dompet di saku belakang. Selain bisa mencegah nyeri, risiko kecopetan juga lebih kecil.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X