Tips agar Tak Keracunan Makanan Saat Berwisata

Kompas.com - 22/09/2016, 14:13 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berwisata di suatu destinasi baru, menjajal kuliner khas daerah menjadi hal yang tak akan dilewatkan. Namun, sayang tak semua orang cocok dengan makanan khas daerah. Tak jarang banyak korban keracunan makanan karena "eksperimen" kuliner setempat. 

"Sebenarnya bukan karena faktor higienitas dan kualitas makanan. Variasi makanan yang kita tak terbiasa bisa membuat usus menjadi terganggu atau gangguan pada proses penyerapan pencernaan," kata dr. Ari Fahrial Syam, dokter penyakit dalam, saat dihubungi, Selasa (13/9/2016). 

Ia memberi contoh, banyak orang yang terserang diare saat berlibur ke Eropa. Padahal untuk higienitas dan kualitas makanan, Eropa tentu sudah lebih terjamin dibanding negara lain. Contoh lainnya adalah kuliner mentah seperti sashimi, yang jarang dikonsumsi kebanyakan orang Indonesia, juga berpotensi menyebabkan sakit perut. 

"Itu karena tak biasa makan makanan tersebut, contohnya kebanyakan makan keju di Eropa. Awalnya tak apa, tapi karena terlalu banyak akhirnya diare," katanya. 

Untuk menyiasati wisata kuliner di destinasi wisata baru tanpa harus mengorbankan kesehatan, Ari memberi saran, "Kalau kita berada pada lokasi dengan perbedaan makanan, jangan makan berlebihan. Coba saja dahulu. Kalau sudah terasa lain di perut bisa jadi akan timbul diare," kata Ari. 

Dilansir dari USA Today, masih ada tips lain untuk terhindari dari keracunan makanan saat berwisata, seperti berikut:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh sebelum berwisata dengan olahraga, makan makanan sehat, dan tidur yang cukup. 

2. Mengkonsumsi makanan dengan bakteri baik untuk pencernaan seperti yoghurt atau produk susu kedelai saat berwisata. 

3.  Perhatikan apa yang Anda minum. Selain penting agar tidak dehidrasi, Anda harus tahu sumber air yang Anda minum. Apakah air tersebut steril dan layak konsumsi. Usahakan untuk minum air kemasan dengan segel tertutup rapat sebelumnya. 

4. Cari makanan dengan bahan segar dan dimasak matang, hindari makan makanan mentah. 

*****

KompasTravel kembali menghadirkan kuis "Take Me Anywhere 2". Pemenang akan mendapatkan kesempatan liburan gratis yang seru ke Yogyakarta selama tiga hari dua malam.

Hadiah sudah termasuk tiket pesawat, transportasi lokal, hotel, konsumsi, dan beragam aktivitas seru selama di Yogyakarta. Juga raih kesempatan memenangkan hadiah smartphone. Klik link berikut: Catat, 6 Tips "Selfie" Saat Liburan ala "Take Me Anywhere 2"

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X