Rutin Makan Bawang Putih Cegah Kanker Paru

Kompas.com - 15/09/2016, 21:25 WIB
/Bawang putih Shutterstock/Bawang putih
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Provinsi Jiangsu Cina, menganalisa 1.400 pasien kanker paru-paru dan 4.500 orang dewasa yang sehat.

Para ilmuwan membandingkan gaya hidup peserta sehat dan pasien dengan kanker paru-paru, baik pilihan makanan hingga gaya hidup sehari-hari.

Peneliti menemukan, bahwa peserta yang makan bawang putih mentah setidaknya dua kali seminggu, 44 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan kanker paru-paru.

Terlebih lagi, mereka yang merokok tapi rutin makan bawang putih, baik bawang putih mentah selama 2 kali seminggu atau bawang putih masak hampir setiap hari, 30 persen lebih sedikit kemungkinannya untuk mengembangkan kanker paru-paru, meskipun merokok menjadi salah satu penyebab terbesar untuk penyakit ini.

Namun, ahli gizi Anita Bean tetap menekankan, bahwa sangat penting untuk mengetahui bahwa berhenti merokok adalah satu-satunya cara yang cukup efektif untuk mencegah kanker paru-paru.

Pedoman dari Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan kita mengonsumsi sekitar 2-5 gram bawang putih segar setiap hari.

Jumlah itu setara dengan 1-2 siung bawang putih, atau 2 sampai 5 miligram minyak bawang putih, atau 300 sampai 1.000 miligram ekstrak bawang putih.

Walau begitu penelitian menekankan, bahwa efektivitas mengurangi kanker berasal dari bawang putih mentah. Namun, Anda bisa mengombinasikannya dengan makanan lain untuk menghilangkan sedikit bau dan rasa pedas, atau Anda bisa menumisnya sebentar dan dicampur ke dalam masakan.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X