Kompas.com - 09/09/2016, 21:17 WIB
Citra radar asteroid Bennu NASACitra radar asteroid Bennu
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Misi ke asteroid kembali dilakukan. Kini lewat peluncuran wahana OSIRIS-REx pada Jumat (9/9/2016), tujuannya adalah asteroid Bennu. Bila misi asteroid sebelumnya - Rosetta - digagas Badan Antariksa Eropa (ESA), misi kali ini digagas Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Apakah keistimewaan Bennu? Mengapa asteroid itu dijadikan target misi?

Salah satu yang diyakini oleh NASA adalah, Bennu menyimpan rahasia tentang tata surya. "Asteroid itu adalah kapsul waktu dari tahapan paling awal pembentukan tata surya," kata Dante Lauretta, profesor keplanetan dan kosmokimia dari University of Arizona yang memimpin misi OSIRIS-REx kepada New York Times, Kamis (8/9/2016).

Bennu merupakan salah satu asteroid tertua. Karenanya, Bennu diduga kaya akan karbon dan materi organik.

Kekayaan karbon dan materi organik pada bennu akan memberi petunjuk tentang sejarah awal tata surya, membuka kemungkinan ilmuwan menjelaskan peristiwa-peristiwa penting saat pembentukan sistem keplanetan yang berpusat pada matahari itu.

Keberadaan materi organik pada Bennu juga membuka peluang menguraikan sejarah kehidupan di bumi.

Para astronom meyakini bahwa materi organik yang menjadi cikal bakal kehidupan tidak benar-benar berasal dari bumi. Materi tersebut diduga dikirim oleh asteroid yang menghantam planet kita. Penyelidikan pada Bennu akan mengonfirmasi pandangan tersebut.

Lauretta secara khusus tertarik pada struktur asam amino, penyusun protein, di Bennu.

Secara mudah, struktur asam amino yang terdapat di makhluk hidup di bumi "bertangan kiri". Padahal, asam amino bisa terdapat dalam bentuk yang "bertangan kanan". Riset pada Bennu memungkinkan Lauretta mengungkap reaksi di antariksa yang berpotensi mengubah struktur asam amino menjadi "bertangan kiri".

Untuk mengungkap rahasia masa awal tata surya, misi OSIRIS-REx akan mengambil debu Bennu.