Kompas.com - 05/09/2016, 21:55 WIB
Ahuna Mons NASAAhuna Mons
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Gunung es raksasa baru ditemukan di Tata Surya. Punya tinggi setengah Everest, gunung itu tidak berada di Bumi, melainkan di Ceres, planet kerdil di antara orbit Mars dan Jupiter.

"Penemuan gunung es ini adalah kejutan," ungkap Ottaviano Ruesch, ungkap peneliti Goddard Space Flight Center, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika serikat (NASA) yang memimpin studi.

Ruesch dan rekannya menemukan gunung tersebut ketika menganalisis data yang diambil oleh wahana antariksa Dawn yang mengitari Ceres pada Mei 2015 lalu.

Data itu menunjukkan bahwa planet kerdil tersebut bukan hanya batu dan es, melainkan benda langit yang secara geologi aktif, seperti halnya Bumi.

Analisis data tersebut menunjukkan bahwa Ahuna Mons, gunung yang dimaksud, aktif seperti halnya Merapi dan Sinabung.

Namun, berbeda dengan keduanya, Ahuna Mons tidak memuntahkan lava dan batuan panas, melainkan lelehan dan kental. Ahuna Mons juga tidak meledak-ledak, tetapi mengeluarkan material vulkaniknya perlahan.

Berukuran tinggi 4 kilometer dan lebar 17 kilometer, Ahuna Mons diperkirakan berusia beberapa ratus juta tahun. Itu membuatnya terkesan baru dibandingkan umur Tata Surya yang telah 4,5 miliar tahun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Suhu Ceres sebenarnya sangat dingin, sekitar -113 derajat Celsius. Karenanya, ilmuwan kebingungan dengan adanya erupsi di Ceres.

Menurut dugaan ilmuwan, material vulkanik Ahuna Mons bukan hanya es cair tetapi juga tercampur beragam jenis garam dan klorida. Campuran itu membuat titik beku material vulkaniknya lebih rendah.

Norbert Schorghofer, astronom di Universitas Hawaii, mengatakan, bentuk Ahuna Mons yang menyerupai kerucut merupakan tanda adanya aliran material vulkanik dari dalam perutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.