Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Hari Ini, Lantas Kapan Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Cincin?

Kompas.com - 01/09/2016, 19:37 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

KOMPAS.com - Gerhana matahari cincin terjadi pada Kamis (1/9/2016) hari ini. Namun, warga Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. Pengamatannya juga sulit dilakukan sebab terjadi bertepatan dengan senja sehingga posisi matahari terlalu rendah di ufuk barat.

Bagi siapa pun yang mendambakan melihat gerhana matahari cincin, jangan khawatir. Akan tiba waktunya Indonesia bisa menikmati fenomena menarik itu secara maksimal. Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.

Jangan mengeluh menunggu tiga tahun itu lama. Sebab, kesabaran menunggu nantinya akan berbuah manis. Indonesia akan menjadi lokasi terbaik di dunia untuk mengamati gerhana matahari cincin tiga tahun dari sekarang. Wilayah yang akan menjadi lokasi terbaik untuk mengamati gerhana itu adalah Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau.

NASA Lintasan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.
Kota Lalang di Riau akan menjadi salah satu kota yang mengalami gerhana matahari cincin terlama di dunia pada 2019 nanti. Di kota itu, gerhana akan berlangsung selama 3 menit 9 detik. Kota lain yang berpotensi mengamati fenomena itu adalah Padang Sidempuan, Pekanbaru, dan Batam.

Gerhana akan terjadi pada siang hari sehingga efek yang ditimbulkannya bisa dirasakan secara maksimal. Satu hal yang menjadi tantangan adalah cuaca. Bulan Desember bertepatan dengan musim hujan sehingga ada potensi gerhana tak bisa disaksikan.

Gerhana matahari cincin pernah terjadi di Indonesia beberapa kali. Tahun 2009, gerhana matahari cincin terjadi di Lampung sementara tahun 2010 dapat disaksikan di Bandung. Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan, bumi, dan matahari terletak segaris dan pada saat yang sama, bulan sedang ada pada titik terjauh dari bumi.  


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com