Bukan Hari Ini, Lantas Kapan Indonesia Akan Alami Gerhana Matahari Cincin?

Kompas.com - 01/09/2016, 19:37 WIB
Gerhana Matahari cincin. NASAGerhana Matahari cincin.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Gerhana matahari cincin terjadi pada Kamis (1/9/2016) hari ini. Namun, warga Indonesia hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian. Pengamatannya juga sulit dilakukan sebab terjadi bertepatan dengan senja sehingga posisi matahari terlalu rendah di ufuk barat.

Bagi siapa pun yang mendambakan melihat gerhana matahari cincin, jangan khawatir. Akan tiba waktunya Indonesia bisa menikmati fenomena menarik itu secara maksimal. Berdasarkan data Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Indonesia akan mengalami gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.

Jangan mengeluh menunggu tiga tahun itu lama. Sebab, kesabaran menunggu nantinya akan berbuah manis. Indonesia akan menjadi lokasi terbaik di dunia untuk mengamati gerhana matahari cincin tiga tahun dari sekarang. Wilayah yang akan menjadi lokasi terbaik untuk mengamati gerhana itu adalah Sumatera Barat, Sumatera Utara, dan Riau.

NASA Lintasan gerhana matahari cincin pada 26 Desember 2019.
Kota Lalang di Riau akan menjadi salah satu kota yang mengalami gerhana matahari cincin terlama di dunia pada 2019 nanti. Di kota itu, gerhana akan berlangsung selama 3 menit 9 detik. Kota lain yang berpotensi mengamati fenomena itu adalah Padang Sidempuan, Pekanbaru, dan Batam.

Gerhana akan terjadi pada siang hari sehingga efek yang ditimbulkannya bisa dirasakan secara maksimal. Satu hal yang menjadi tantangan adalah cuaca. Bulan Desember bertepatan dengan musim hujan sehingga ada potensi gerhana tak bisa disaksikan.

Gerhana matahari cincin pernah terjadi di Indonesia beberapa kali. Tahun 2009, gerhana matahari cincin terjadi di Lampung sementara tahun 2010 dapat disaksikan di Bandung. Gerhana matahari cincin terjadi saat bulan, bumi, dan matahari terletak segaris dan pada saat yang sama, bulan sedang ada pada titik terjauh dari bumi.  


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X