Kompas.com - 22/08/2016, 20:07 WIB
Obyek misterius bernama Niku ditemukan di bagian luar Tata Surya. Hingga kini, ilmuwan belum mampu menggolongkannya. Jonny Reading/MailOnlineObyek misterius bernama Niku ditemukan di bagian luar Tata Surya. Hingga kini, ilmuwan belum mampu menggolongkannya.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com — Sebuah obyek misterius ditemukan di Tata Surya. Hingga sekarang, tak seorang pun mengetahui identitasnya.

Obyek tersebut bernama Niku. Ilmuwan semula menduga bahwa obyek itu merupakan planet kerdil, masuk dalam golongan obyek trans-Neptunus. Namun, semakin menganalisis, ilmuwan justru semakin bingung.

Normalnya, obyek yang ukurannya lebih kecil dari planet bisa disebut sebagai planet kerdil atau malah asteroid. Namun, Niku tak bisa digolongkan dalam keduanya.

Sebab pertama, Niku memiliki bidang orbit yang berbeda 110 derajat dibandingkan dengan bidang orbit benda-benda langit lain yang mengorbit Matahari.

Lebih aneh lagi, arah orbit Niku berlawanan dengan arah orbit kebanyakan benda langit di Tata Surya. Bila benda langit lain mengorbit searah dengan rotasi Matahari, Niku justru berlawanan.

Memang, Niku bukan satu-satunya yang memiliki orbit berlawanan arah atau retrogade. Namun, karena berpadu dengan perbedaan bidang orbitnya, sulit bagi astronom menyatakan bahwa Niku adalah planet kerdil.

Lantas, apakah Niku? Salah satu dugaan, Niku tercipta dari hasil tumbukan dengan benda langit misterius lain serta terpengareuh oleh gaya lain di luar Matahari atau planet-planet di Tata Surya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hipotesis lain, Niku merupakan anggota dari sebuah grup benda langit yang orbitnya secara kebetulan mirip dengan Tata Surya.

Ada pula dugaan bahwa Niku merupakan benda langit yang terkait dengan keberadaan planet ke-9 di Tata Surya yang diduga ada, tetapi belum terkonfirmasi.

Manakah yang benar? Hingga kini ilmuwan belum bisa memastikan. Namun, ketidakpastian itu memberikan gairah baru bagi para astronom. Mereka terpacu untuk meneliti lebih lanjut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.