Kompas.com - 29/07/2016, 19:39 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Setiap spesies dan sub spesies hewan punya keunikan tersendiri, demikian juga harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae).

Selama ini, telah banyak diungkapkan bahwa harimau sumatera kian teracam, banyak diburu, dan tempat hidupnya dirusak oleh perambahan dan perkebunan.

Namun, jarang diungkapkan, apa yang menjadi keunikan spesies ikonik Indonesia selain orangutan itu.

Zoological Society of London yang juga memiliki program konservasi hewan bernama latin Panthera tigris sumatrae mengungkap 12 keunikannya.

Ini dia....

Terkecil

Ada 5 sub-spesies harimau yang kini masih eksis, seperti harimau Bengali, harimau Siberia, dan harimau Malaya. Harimau sumatera merupakan sub-spesies yang terkecil, hanya ditemukan di pulau Sumatera.

Tinggal ratusan

Status harimau sumatera menurut International Union for Conservation of Nature (IUCN) adalah terancam punah. Data terbaru menyebut, populasi harimau itu hanya sekitar 441 - 679 di alam liar.

Berburu sejak usia setahun

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.