Warna Bola Mata Tentukan Tingkat Risiko Penyakit

Kompas.com - 25/07/2016, 09:05 WIB
Ilustrasi thinkstockphotosIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ada lebih dari satu gen yang terlibat dalam menentukan warna bola mata seseorang, kata Rachel Bishop, MD, kepala divisinlayanan dan konsultasi National Eye Institute.

Seperti halnya kulit, warna bola mata cenderung mirip pada orang-orang beretnis sama. Namun, warna mata Anda dengan putri Anda atau saudara dekat mungkin juga sedikit berbeda. Ini karena di dalam diri Anda dan mereka ada perpaduan beberapa gen yang mungkin juga sedikit atau banyak berbeda.

Perpaduan gen-gen ini juga bisa menurunkan atau meningkatkan risiko Anda terhadap penyakit tertentu, seperti tergambar di bawah ini.


1. Bola mata berwarna gelap lebih berisiko katarak.

Sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam American Journal of Ophthalmology menemukan bahwa orang bermata gelap memiliki risiko 1,5 sampai 2,5 kali lebih besar menderita katarak.

Melindungi mata dari sinar ultraviolet adalah salah satu langkah penting pencegahan katarak bagi siapa pun.

Para peneliti merekomendasikan Anda, terutama yang memiliki bola mata berwarna gelap, untuk memakai sunglasses dengan filter UVA dan B 100 persen dan memakai topi lebar untuk menghalagi sinar matahari langsung masuk ke mata Anda.

2. Vitiligo kurang umum di antara orang bermata biru.

Sebuah ulasan penelitian tahun 2012 mengenai vitiligo yang diterbitkan di jurnal Nature menemukan penyakit autoimun, yang menyebabkan hilangnya warna kulit, bukan sesuatu yang umum terjadi pada orang dengan mata biru.

Dari hampir 3.000 pasien vitiligo yang semuanya berasal dari ras Kaukasia, 27 persen di antaranya memiliki bola mata biru, 30 persen memiliki bola hijau dan 43 persen memiliki mata cokelat.

Para peneliti menemukan bahwa variasi dua gen, TYR dan OCA2 yang menentukan warna biru bola mata seseorang lah yang menurunkan risiko vitiligo, kata penulis studi Richard A. Spritz, MD, direktur program genomik di University of Colorado School of Medicine.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X