Semangka, Buah yang Menyehatkan Jantung

Kompas.com - 22/07/2016, 19:22 WIB
shutterstock
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Buah semangka termasuk buah yang sangat populer di Indonesia. Apa saja khasiat sehat yang terdapat pada buah yang banyak airnya ini?

Buah yang lezat dijadikan hidangan penutup ini kaya akan likopen, sejenis antioksidan yang membuat buah berwarna merah. Antioksidan ini bermanfaat memulihkan kulit yang terbakar sinar matahari. Di samping itu, antioksidan ini juga memiliki manfaat antiradang yang menyehatkan jantung serta pembuluh darah.

Dengan kandungan air 92 persen, semangka membantu kita kenyang lebih lama serta mengisi kebutuhan cairan di tubuh kita. Kandungan kalorinya pun terhitung rendah, 42 per mangkuk sehingga tak membuat gemuk.

Semangka pun merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuat kulit bebas kerut. Vitamin ini membantu memproduksi kolagen yang melindungi tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Vitamin ini pun membantu penyerapan zat besi. Kemudian semangka juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan fungsi kekebalan tubuh.

Kandungan yang kurang dalam buah ini adalah potasium dan serat.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X