Kompas.com - 22/07/2016, 18:06 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Sebuah kicauan di Twitter memicu konfirmasi keberadaan struktur aneh berbentuk X di galaksi Bimasakti.

Terungkapnya struktur aneh yang ada di bulge (tonjolan di tengah) galaksi tempat manusia berada itu membuktikan bahwa kesediaan ilmuwan berbagi informasi lewat media sosial bisa membantu mengungkap misteri.

Adalah Dustin Lang, ilmuwan University of Toronto, yang pertama kali mengepos foto Bimasakti dan struktur X-nya di Twitter pada 2015 lalu.

Foto itu merupakan hasil pengolahan citra yang didapatkan lewat program Wide-field Infrared Survey Explorer (WISE) Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Selain untuk show off, Lang mengatakan, "Saya merilis foto itu dan berharap bisa berguna bagi studi lain."

Melissa Ness dari Max Planck Institute for Astronomy mencermati gambar itu, memperbesar bagian tengahnya dan menyadari struktur X pada foto Bimasakti tersebut.

"Ini adalah foto bulge Bimasakti terbaik yang pernah saya lihat," jelasnya seperti dikutip CNN, Kamis (21/7/2016).

Ness mengatakan, ada banyak data dan proyek yang menunjukkan struktur X di Bimasakti. Namun, foto yang dipos Lang adalah foto pertama yang menunjukkan struktur X yang jelas dan di bagian dalam galaksi.

Struktur X itu terungkap sebagai sebuah kumpulan bintang di tengah galaksi.

Dalam publikasinya di Astrophysical Journal, Ness dan Lang yang berkolaborasi mengatakan, struktur itu bisa memberi petunjuk tentang pembentukan Bimasakti.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.