China Selesaikan Pembangunan Teleskop Raksasa Pemburu Alien

Kompas.com - 15/07/2016, 18:13 WIB
Teleskop radio raksasa yang diberi nama FAST (Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope) di China. fast.bao.ac.cnTeleskop radio raksasa yang diberi nama FAST (Five-hundred-meter Aperture Spherical Telescope) di China.
EditorTri Wahono

Setelah lebih dari 5 tahun dikerjakan, Pemerintah China akhirnya menyelesaikan pembangunan teleskop radio terbesar di dunia yang akan digunakan untuk mencari dan meneliti kehidupan alien.

Teleskop raksasa berdiameter 500 meter yang diberi nama FAST (Five-hundred-meter Aperature Spherical Telescope) itu yang berlokasi di barat daya Provinsi Guizhou. Menggunakan 4.450 panel reflektor, pembangunan teleskop itu menghabiskan dana sebesar 180 juta dollar AS.

FAST yang besarnya seukuran 30 kali lapangan sepak bola itu kini merupakan teleskop radio terbesar di dunia. Teleskop radio terbesar sebelumnya Arecibo Observatory di Puerto Rico hanya berdiameter 300 meter.

"Sebagai teleskop terbesar di dunia yang akan berlokasi di daerah yang sangat tenang, dampak ilmiah bagi dunia astronomi akan sangat luar biasa, dan pasti akan merevolusi area lain dalam ilmu-ilmu alam," ujar Nan Rendong, ilmuwan kepala proyek ini kepada Xinhua.

Tidak seperti teleskop optik yang mengumpulkan dan fokus cahaya, teleskop radio ini mendeteksi frekuensi radio dari objek-objek langit, putaran bintang neutron, dan aktivitas galaksi.

Tim O'Brien, seorang profesor astrofisika di University of Manchester di Inggris, mengatakan kepada New Scientist bahwa ukuran teleskop adalah kunci potensial yang memberi dampak pada eksplorasi ilmu pengetahuan.

"FAST akan membantu para astronom untuk melakukan survei hidrogen yang ada di galaksi, mendeteksi molekul di ruang angkasa, mencari gelombang radio natural dari planet yang mengorbit pada bintang lain, dan mencari sinyal dari radio yang menunjukkan keberadaan alien," jelas O'Brien.

Pengerjaan konstruksi FAST dimulai pada 2011 lalu, dan pengoperasiannya diperkirakan akan mulai pada September.

"FAST berpotensi untuk menelusuri keberadaan alien, 5 sampai 10 kali lebih canggih dari peralatan yang ada saat ini, karena mampu melihat planet yang letaknya jauh dan lebih gelap," ujar Peng Bo dari National Astronomical Observation pada Xinhua.

Jika alien menelepon rumah, FAST akan mendengarkannya.(Annisa Hardjanti / The Huffington Post)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.