Bekerja Sambil Berdiri Ternyata Tak Banyak Bakar Kalori

Kompas.com - 11/07/2016, 14:00 WIB
Ilustrasi. Ilustrasi.
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Belakangan ini perusahaan-perusahaan di dunia barat menyediakan meja tinggi untuk para karyawan. Tujuannya, agar mereka dapat bekerja sambil berdiri. Dengan begitu, diharapkan postur akan jadi lebih baik, kadar gula darah lebih baik dan karyawan menjadi lebih sehat dan langsing.

Tetapi, studi baru menyarankan agar kita tak mengandalkan meja tinggi itu semata untuk langsing. Penelitian kecil yang diterbitkan di Journal of Physical Activity & Health menemukan ekstra kalori yang dibakar oleh pekerja yang berdiri dan duduk ternyata tak beda jauh.

Demi studi tersebut, 74 peserta diminta melakukan aktivitas berikut: duduk dan menggunakan laptop, duduk dan menonton TV, atau jalan perlahan setara 5 km/jam. Semua peserta melakukan setiap aktivitas itu selama 15 menit, masing-masing dengan istirahat tiga menit di antara kegiatan tersebut.

Ternyata berjalan kaki membantu membakar lebih banyak kalori daripada duduk. Berjalan juga secara bermakna membakar lebih banyak kalori dibandingkan berdiri. Tetapi, ketika membandingkan berdiri dengan duduk, berdiri membakar lebih banyak rata-rata dua kalori saja.

Kombinasi kegiatan yang paling banyak membakar kalori ternyata berjalan dan menonton TV sambil duduk. Mereka yang merampungkan dua aktivitas itu membakar hampir dua kali kalori dibandingkan mereka yang bekerja sambil duduk dan berdiri.

Meskipun pembakaran kalori hanya beda tipis dengan bekerja sambil duduk, sebaiknya ini tidak membuat para pekerja jadi semakin enggan beranjak dari kursi. Studi ini mengambil data dari kurang dari 100 orang sehingga hasilnya kurang meyakinkan.

Lebih baik, saat di kantor kita tak hanya duduk tetapi juga berjalan secara rutin setelah duduk dua jam, dan naik turun tangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X