Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bekerja Sambil Berdiri Ternyata Tak Banyak Bakar Kalori

Kompas.com - 11/07/2016, 14:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

KOMPAS.com - Belakangan ini perusahaan-perusahaan di dunia barat menyediakan meja tinggi untuk para karyawan. Tujuannya, agar mereka dapat bekerja sambil berdiri. Dengan begitu, diharapkan postur akan jadi lebih baik, kadar gula darah lebih baik dan karyawan menjadi lebih sehat dan langsing.

Tetapi, studi baru menyarankan agar kita tak mengandalkan meja tinggi itu semata untuk langsing. Penelitian kecil yang diterbitkan di Journal of Physical Activity & Health menemukan ekstra kalori yang dibakar oleh pekerja yang berdiri dan duduk ternyata tak beda jauh.

Demi studi tersebut, 74 peserta diminta melakukan aktivitas berikut: duduk dan menggunakan laptop, duduk dan menonton TV, atau jalan perlahan setara 5 km/jam. Semua peserta melakukan setiap aktivitas itu selama 15 menit, masing-masing dengan istirahat tiga menit di antara kegiatan tersebut.

Ternyata berjalan kaki membantu membakar lebih banyak kalori daripada duduk. Berjalan juga secara bermakna membakar lebih banyak kalori dibandingkan berdiri. Tetapi, ketika membandingkan berdiri dengan duduk, berdiri membakar lebih banyak rata-rata dua kalori saja.

Kombinasi kegiatan yang paling banyak membakar kalori ternyata berjalan dan menonton TV sambil duduk. Mereka yang merampungkan dua aktivitas itu membakar hampir dua kali kalori dibandingkan mereka yang bekerja sambil duduk dan berdiri.

Meskipun pembakaran kalori hanya beda tipis dengan bekerja sambil duduk, sebaiknya ini tidak membuat para pekerja jadi semakin enggan beranjak dari kursi. Studi ini mengambil data dari kurang dari 100 orang sehingga hasilnya kurang meyakinkan.

Lebih baik, saat di kantor kita tak hanya duduk tetapi juga berjalan secara rutin setelah duduk dua jam, dan naik turun tangga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com