Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/07/2016, 13:00 WIB

KOMPAS.com - Perjalanan mudik sering menjadi perjalanan yang menguras energi, pikiran, dan biaya. Tetapi, pengorbanan seolah terbayar saat kita bisa bersilaturahmi dengan orangtua, keluarga besar, dan teman-teman di hari raya Idul Fitri.

Saling bersilaturahmi ternyata bukan hanya momen untuk saling meminta dan memberi maaf. Relasi sosial kita dengan keluarga dan teman juga akan kembali dikuatkan.

Tahukah Anda, memiliki ikatan sosial yang baik bisa meningkatkan kesehatan jiwa, salah satunya menyehatkan otak dan juga membuat panjang umur. Ketahui apa saja manfaat dari silaturahmi.

- Panjang umur
Orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat cenderung panjang umur, dibandingkan dengan orang yang terisolasi.

- Menikmati kesehatan fisik
Bergaul dan berteman terkait erat dengan sistem imun yang lebih kuat, terutama pada orang lanjut usia. Ini berarti, mereka tidak gampang sakit.

- Kesehatan mental lebih baik
Berinteraksi dengan orang lain secara positif juga meningkatkan perasaan bahagia dan mengurangi rasa depresi. Oleh karenanya, salah satu cara terbaik meningkatkan mood adalah berkomunikasi dengan orang-orang terdekat.

- Menurunkan risiko demensia
Ada banyak bukti-bukti yang menunjukkan, bersosialisasi bermanfaat positif bagi kesehatan otak. Orang yang banyak bergaul cenderung memiliki kemampuan kognitif dan daya ingat lebih baik. Dalam jangka panjang, risiko menderita demensia juga lebih rendah.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com