Khasiat Makan Salmon Berkurang jika Digoreng

Kompas.com - 27/06/2016, 21:59 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ikan salmon dikenal mengandung tinggi omega 3 yang yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Omega 3 merupakan lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Pada orang dewasa, omega 3 bermanfaat untuk meregenerasi sel tubuh.

Selain ikan salmon, omega 3 juga banyak terkandung di ikan laut dalam. Konsumsi makanan yang kaya omega 3 memang dianjurkan. Akan tetapi, jangan sampai salah dalam penyajiannya.

Dokter spesialis gizi klinik Pauline Endang Praptini mengatakan, hindari konsumsi salmon dengan cara digoreng. Dengan menggorengnya, khasiat makan ikan salmon pun berkurang.

"Kalau digoreng, omega 3 akan rusak. Digoreng itu minyaknya mendidih 100 derajat celsius, panas tinggi jadinya rusak," kata Pauline di Jakarta, Sabtu (25/6/2016).

Tak hanya jenis makanannya, bagaimana cara memasaknya memang sangat penting untuk mendapat manfaat sehat. Pilihlah dengan cara dikukus, pepes, atau dibuat sup. Hal ini disarankan untuk menyajikan berbagai makanan lainnya.

Jika digoreng, bukan manfaat sehat yang didapat, malah sebaliknya. Makanan yang digoreng bisa merusak minyak menjadi asam lemak trans atau lemak jahat.

Jika terlalu banyak konsumsi makanan yang digoreng, kadar lemak trans dalam tubuh pun meningkat. Lemak trans meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Lemak trans ini bisa menyebabkan penumpukkan plak di pembuluh darah sehingga memicu terjadinya penyumbatan, hingga akhirnya meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X