Jaga Kesehatan Kulit dari Bahaya Klorin

Kompas.com - 27/06/2016, 09:03 WIB
Ilustrasi. ShutterstockIlustrasi.
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Liburan sebentar lagi tiba, Itu artinya, mungkin Anda sekeluarga akan pergi berlibur. Mungkin juga, salah satu acara liburan Anda adalah pergi berenang, bersahabat dengan kolam renang atau wahana air, berarti bersahabat juga dengan klorin.

Klorin adalah zat kimia yang umum digunakan sebagai campuran air kolam renang untuk membunuh kuman.

"Dalam kolam yang sangat diklorinasi, klorin bisa masuk ke pori-pori dan menyebabkan iritasi dan kekeringan," kata Joely Kaufman, gelar M.D., direktur Skin Associates of South Florida.

Namun, karena memang klorin adalah cara terbaik untuk mendisinfeksi kolam renang. Jika Anda disuruh memilih apakah lebih suka teriritasi klorin atau terinfeksi bakteri dari orang lain yang berenang, maka yang pertama lebih baik, kata Kaufman lagi.

 

Tapi, apakah tidak ada alternatif lain?

Meskipun tidak mungkin untuk bebas klorin 100 persen, tapi jika ada kolam renang yang berisi air asin, itu bisa jadi piliham. Kolam air asin tidak benar-benar bebas klorin, tetapi jumlah klorin yang digunakan lebih rendah kadarnya, karena garam secara alami mempu mengurangi kadar klorin di dalam air.

Jenis terburuk dari kolam renang adalah jenis di dalam ruangan. Karena terletak di ruang tertutup, klorin bisa menyebar ke udara dan dapat terhirup oleh kita saat bernapas.

Kaufman mengatakan, ini bisa memicu masalah kesehatan yang lebih serius seperti masalah kesulitan bernapas dan asma. Dan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, klorin yang masuk ke tubuh kita lewat napas juga dapat menyebabkan mual dan muntah.

Karena itu, lebih baik Anda memilih kolam renang luar ruangan dan cobalah untuk menjaga kulit dan rambut Anda dari bahaya klorin dengan tip di bawah ini.

 

Melindungi Tubuh Anda
"Bayangkan apa yang bisa klorin lakukan terhadap baju renang Anda," kata Kaufman, "Klorin bisa memudarkan, bahkan menghilangkan warna baju renang dan hal yang sama bisa terjadi pada kulit Anda."

Cara terbaik untuk melindungi tubuh Anda adalah dengan menggunakan tabir surya kedap air. Krim tabir surya menciptakan penghalang antara kulit dan klorin. Ingat untuk mengaplikasikannya kembali setiap 80 menit dan mandilah segera setelah Anda keluar dari kolam renang.

 

Melindungi Wajah Anda
Setelah berenang, jika kulit Anda masih terasa kering, cobalah oleskan serum vitamin C. "Ini membantu menghilangkan klorin," kata Kaufman.

"Saya mencampur sedikit serum vitamin C ke pembersih wajah dan merasakan kulit kering di wajah, menghilang."

 

Melindungi Rambut Anda
Oleskan minyak kelapa sebelum Anda menceburkan diri ke kolam renang. Minyak kelapa akan mencegah klorin melekat dan menembus batang rambut.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X