Suka Bernyanyi? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 26/06/2016, 14:21 WIB
Banyak orang yang menyanyi saat mandi SHUTTERSTOCKBanyak orang yang menyanyi saat mandi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Hampir semua dari kita suka menyanyi, minimal di kamar mandi atau di mobil. Anda harus tahu, menyanyi - selain menyenangkan hati, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ini dia daftar manfaatnya.

Mengurangi stres dan meningkatkan kualitas hidup
Studi menunjukkan, adanya perubahan mood yang positif di antara penyanyi paduan suara. Peneliti menemukan, mereka merasa lebih bahagia, kecemasan dan depresi mereka berkurang, setelah mereka menyanyi di atas panggung.

 

Mempererat ikatan sosial
Sepanjang sejarah, manusia telah menciptakan musik tetapi para ilmuwan agak bingung mengapa mereka menciptakan musik.

Salah satu teori mengatakan, berbagi pengalaman emosional sangat penting untuk kelangsungan hidup bersama dalam kelompok. Salah satu cara berbagi pengalaman emosional adalah dengan bermusik bersama.

Sebuah studi yang lebih baru menemukan, anggota paduan suara yang baru terbentuk selama satu bulan, merasa lebih dekat satu sama lain, dibanding dengan anggota kelompok seni lainnya yang juga baru terbentuk selama satu bulan.

 

Meningkatkan kekebalan pada pasien kanker
Jelas bernyanyi tidak akan menyembuhkan penyakit yang mengancam jiwa. Tapi penelitian terbaru menunjukkan benyayi masih menawarkan manfaat.

Peneliti menguji sampel air liur dari sekelompok pasien kanker dan menemukan kadar molekul sistem kekebalan tertentu yang disebut sitokin, meningkat setelah pasien bernyanyi dalam satu paduan suara. Plus, hormon stres mereka turun.

 

Menyehatkan jantung Anda
Bernyanyi berarti mengatur pernapasan. Saat Anda mengambil napas, detak jantung Anda mulai melambat.

Yoga dan bernyanyi diduga dapat membantu meningkatkan variabilitas detak jantung (ukuran jeda waktu antara detak jantung), demikian menurut sebuah studi tahun 2013.

 

Mengurangi dengkuran
Dalam sebuah studi yang membandingkan penyanyi paduan suara dan non-penyanyi di London, peneliti menemukan turunnya frekuensi mendengkur secara signifikan di antara kalangan penyanyi.

Bernyanyi rutin akan menguatkan oto-otot saluran udara dan inilah yang menyebabkan kuantias dan kualitas dengkur berkurang banyak.

 

Membantu penderita asma
Sebuah penelitian ilmiah tahun 2014 menyebutkan, bahwa menyanyi dapat meningkatkan fungsi paru-paru dan mengurangi gejala pada penderita asma ringan.

Penelitian ini masih bersifat penelitian awal dan memerlukan penelitian lanjutan. Namun, tak ada salahnya jika mulai sekarang, penderita asma mulai bernyanyi setiap hari. Anda tidak akan rugi karenanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X