Kompas.com - 17/06/2016, 03:47 WIB
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Kicauan jagat raya yang menjadi bukti kebenaran Teori Relativitas Einstein kembali terdengar. Tim ilmuwan proyek Laser Interferometer Gravitational-Wave Observatory (LIGO) mengumumkannya pada Kamis (16/6/2016).

Baca: Kicauan Jagat Raya Terdengar Lagi, Kuatkan Bukti Kebenaran Teori Einstein

Kicauan jagat raya yang terdeteksi kali ini merupakan yang kedua. Sebelumnya, ilmuwan LIGO pernah mengumumkan keberhasilan deteksi kicauan jagat raya pada Februari 2016 lalu.

Baca: Kicauan Jagat Raya Terdengar! Einstein Benar, Gelombang Gravitasi Memang Ada

Mengolah data yang tertangkap, ilmuwan memberikan gambaran tentang kicauan jagat raya yang kedua tersebut. Dengarkan ini...

Kicauan itu sejatinya merupakan gelombang gravitasi, riak alam semesta yang salah satunya disebabkan oleh persatuan dua lubang hitam.

Meski disebut kicauan, gelombang gravitasi sebenarnya sama sekali bukan gelombang suara. Alam semesta sendiri tak benar-benar menghasilkan suara seperti dalam video.

Gelombang gravitasi yang ditemukan disebut kicauan karena ketika diolah sedemikian rupa oleh ilmuwan, bunyinya terdengar seperti kicauan.

Kicauan kali ini dihasilkan dari persatuan dua lubang hitam bermassa 14 dan 8 kali Matahari. Diperkirakan, dua lubang hitam itu bersatu 1,4 miliar tahun lalu.

Kicauan yang terdeteksi kali ini dinyatakan lebih lirih dari sebelumnya. Kicauan sebelumnya yang diumumkan penemuannya pada Februari 2016 merupakan persatuan dua lubang hitam yang lebih massif, 36 kali dan 29 kali massa Matahari.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.