Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2016, 16:07 WIB
Ayunda Pininta

Penulis

Sumber Fox News

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, diet sehat telah menjadi bagian dari gaya hidup, sehingga tak perlu lagi mencari waktu untuk “curi-curi” makanan tak sehat. Namun, bagi sebagian orang lainnya, diet tampak sebagai perjuangan panjang yang tidak pernah berakhir.

Banyak ahli diet dan kebugaran yang menyarankan klien mereka untuk melakukan istirahat dari diet maupun olahraga. Istirahat tersebut dikenal sebagai “makan curang”. Tak hanya efektif mempertahankan keinginan menjalani diet bersih seimbang, tetapi juga menjaga semangat untuk berolahraga intens hampir setiap hari.

Berikut adalah cara yang dinilai dapat membuat Anda sukses memertahankan diet dan olahraga tanpa perlu meninggalkan makanan “enak”.

 

1. Metode 90/10.
Obi Obadike, MS, ISSA, pelatih kebugaran dan ahli gizi bersertifikat dan juga penulis untuk situs kebugaran besar Bodybuilding.com, baru saja memopulerkan metode 90/10.

Mirip dengan metode 80/20 milik Cameron Diaz, 90/10 merupakan cara yang bagus untuk mengatasi jenuh diet dan olahraga. Misalnya, selama seminggu, Anda hanya boleh melakukan “makan curang” sebanyak 1-2 kali.

"The 90/10 berarti bahwa 90 persen dari waktu Anda dalam seminggu, harus digunakan untuk makan sehat bernutrisi, dan 10 persen dari waktu lainnya dapat digunakan untuk menikmati sesuatu di luar jalur diet.

Jika Anda mengonsumsi “makanan curang” dengan cara ini, perjuangan diet atau olahraga Anda tak akan sia-sia."


2. Makan fastfood usai olahraga.
Obadike mengatakan, atlet profesional, pelatih kebugaran, dan para ilmuwan gizi memiliki saran yang paling praktis selama lebih dari 20 tahun, yaitu "makan setelah olahraga merupakan cara terbaik untuk “makan curang”.

Usai olahraga, makanan akan dimanfaatkan untuk perbaikan otot-otot, sehingga tak disimpan sebagai lemak.

"Bahkan ketika Anda melakukan latihan intensitas rendah," kata Obadike, "otot Anda dapat menyerap kelebihan karbohidrat, mencegah karbohidrat dikonversi menjadi lemak."


3. Jangan terbawa suasana.
Bila mengikuti metode 90/10, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari satu atau dua kali “makanan curang” per minggu.

Jika Anda ingin seperti Beyonce ketika dia melakukan diet ketat, maka Anda perlu membatasi diri untuk satu kali “makan curang” per minggu.

“Walau begitu, bukan berarti Anda bebas mengonsumsi makanan cepat saji favorit dengan 10 dessert dalam satu hari. Melainkan, hanya 1 atau 2 jenis makanan favorit, misalnya satu porsi fastfood, atau satu mangkuk es krim dalam satu minggu. Intinya, tidak berlebihan” tutup Obadike.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Fox News
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com