Kompas.com - 13/06/2016, 14:15 WIB
Ilustrasi kota yang akan dibangun oleh ReGen Villages. Science AlertIlustrasi kota yang akan dibangun oleh ReGen Villages.
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Hampir 10 miliar jiwa akan menghuni Bumi pada tahun 2050 nanti. Populasi yang besar memunculkan tantangan seperti masalah pangan dan air.

Berangkat dari permasalahan itu, sebuah developer yang berbasis di California menawarkan solusi.

ReGen Villages, developer itu, mengembangkan sebuah proyek kota terintegrasi dan berteknologi tinggi. Proyek pertama akan dibangun di Almere, 20 menit dari Amsterdam, Belanda.

ReGen Villages merancang kota yang bisa menghasilkan pangan, energi, mengolah limbah, dan mendaur ulang air sendiri.

"Kita meredefinisi konsep tempat tinggal dengan cara membuat kawasan regeneratif ini," kata CEO ReGen Villages, James Ehrlich, dikutip Science Alert, Mei lalu.

"Kawasan ini akan secara efisien menghasilkan energi yang bisa mensuplai listrik di sekitar serta menumbuhkan setengah dari makanan bagi penghuninya," imbuhnya.

Pangan bisa dihasilkan lewat sistem taman vertikal, bisa berupa buah, sayur, dan kacang-kacangan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, kota mandiri dan ramah lingkungan itu juga akan dilengkapi fasilitas bagi penduduk untuk menghasilkan sumber protein seperti ayam, telur dan produk susu.

Proyek fantastis ini telah dipresentasikan di Venice Biennale.

Tak butuh waktu lama untuk menyaksikan keberhasilan proyek itu. Pasalnya, proyek akan segera dimulai tahun ini dengan membangun 100 rumah dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2017.

Jika berhasil, Ehrlich berharap bisa mengembangkan konsep serupa di wilayah lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X