Indonesia Menjadi Rumah Ikan-ikan Terkecil di Dunia

Kompas.com - 08/06/2016, 04:03 WIB
Paedocypris progenetica The CutestPaedocypris progenetica
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Indonesia negeri yang kaya keanekaragaman hayati. Beragam hewan ikonik seperti orangutan, harimau Sumatera, hingga burung cenderawasih hidup di nusantara.

Selain spesies-spesies ikonik, Indonesia juga terbukti menjadi rumah bagi hewan-hewan kecil yang karakteristiknya mampu membuat dunia terkejut.

Penelitian dalam sepuluh tahun terakhir saja mengungkap, Nusantara menjadi habitat dua spesies ikan yang dinobatkan sebagai terkecil di dunia!

Jenis pertama yang hidup di Indonesia adalah Pandaka pygmaea, jenis ikan gobi yang dideskripsikan oleh Albert William Christian Theodore Herre, taksonom ikan asal Amerika Serikat, pada tahun 1927.

Pejantan dewasa ikan tersebut hanya berukuran 1,1 cm sementara betinanya rata-rata hanya 1,5 cm. Sementara, beratnya sangat ringan, hanya 4-5 miligram, setara satu pil obat.

Jenis yang kerap kali juga disebut gobi kerdil itu punya bintik-bintik hitam mencolok pada siripnya. Tubuhnya transparan dengan kepala besar.

Diduga telah punah di Filipina - tempat awalnya jenis ini ditemukan dan dideskripsikan - peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukannya saat melakukan Ekspedisi Widya Nusantara di Sulawesi Barat.

Daniel Nathanael Lumbantobing, peneliti ikan LIPI, sedang menyurvei keanekaragaman perairan muara di kawasan pantai Polewali Mandar saat menemukannya.

"Saya tidak menyangka akan menemukan," katanya. "Saya hanya menyurvei wilayah yang sangat dangkal, seperti got yang berhubungan dengan muara."

Saat pengamatan awal, Daniel menyangka bahwa ikan gobi kerdil yang ditemukannya adalah anak ikan lain. "Tetapi setelah mengidentifikasi akhirnya mengetahui bahwa itu adalah Pandaka pygmaea," ungkapnya.