Waspada... Diabetes Bisa Jungkir Balikkan Hidup Anda!

Kompas.com - 31/05/2016, 08:11 WIB
Tingginya kadar gula dalam tubuh mampu menggangu sistem kerja pembuluh darah. Hal itu membuka risiko besar akan kerusakan bagi organ tubuh lainnya. ThinkstockTingginya kadar gula dalam tubuh mampu menggangu sistem kerja pembuluh darah. Hal itu membuka risiko besar akan kerusakan bagi organ tubuh lainnya.
|
EditorLatief

KOMPAS.com - Bob French, seorang pemilik perusahaan truk asal Texas, Amerika Serikat, sedang berkendara sekitar 3.000 kilometer dari rumah hari itu. Mendadak, truk Bob berhenti. Ada yang membuatnya terkejut.

Tanpa peringatan, mata kiri Bob diwarnai kegelapan. Lalu, sedetik kemudian, ia sudah kehilangan penghilatan. Seketika ia tak bisa melihat.

Perasaan Bob campur aduk. Dalam situasi itu, dia tak bisa juga menghubungi siapa pun.

Komplikasi

Gangguan penglihatan sebenarnya bukan hal baru bagi Bob. Sebulan sebelum hari itu, kemampuan melihatnya memang sudah mulai memudar. Bahkan, ada titik kosong di tengah area pandang mata kanan Bob.

Setibanya di rumah sakit, ia didiagnosis menderita retinopati dan edema makula. Kedua penyakit tersebut merupakan komplikasi dari diabetes yang telah diderita Bob selama bertahun-tahun.

Retinopati berarti gangguan pada syaraf mata yang bertugas menangkap gambar dan mengirimkannya ke otak. Sementara, edema makula ialah pembengkakan pada daerah dekat pusat retina.

Dalam usaha mengembalikan kesehatan matanya, Bob harus menjalani 20 operasi dan menjual seluruh truk miliknya sebagai modal pembiayaan. Hari itu benar-benar membalik hidup Bob 180 derajat.

Cerita hidup Bob French tercantum sebagai salah satu kisah inspiratif dalam majalah Diabetes Forecast milik Asosiasi Diabetes Amerika. Di balik perjuangannya melawan penyakit, ada pesan bahwa diabetes membuka kemungkinan merembet menjadi berbagai komplikasi penyakit bagi penderitanya.

Tingginya kadar gula dalam tubuh mampu menggangu sistem kerja pembuluh darah, baik pembuluh darah kecil maupun besar. Hal ini akan menyebabkan kerusakan bagi organ tubuh lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X