Kompas.com - 30/04/2016, 18:52 WIB
Anjing jenis Golden Retriever bernama Bello Chappy HakimAnjing jenis Golden Retriever bernama Bello
EditorWisnu Nugroho

Pada akhir tahun 1950-an dan permulaan tahun 1960, di masa kanak-kanak saya pernah memiliki anjing biasa yang sering disebut sebagai anjing kampung berwarna coklat keemasan. Sebenarnya tidak kampung-kampung amat karena masih mengandung sedikit keturunan anjing “negeri” atau “blasteran”, walau bukan murni “crossbreed” karena tidak memiliki stamboom yang jelas.

Anjing ini sangat setia, lucu dan menyenangkan untuk diajak bermain. Kami memperolehnya sebagai pemberian dari seseorang dengan kondisi masih berusia “bayi” kecil. Kami memeliharanya dengan baik, akan tetapi kami tetap menjaganya hanya untuk berkeliaran di halaman saja.

Anjing itu dinamai atau memperoleh nama panggilan “Bello”. Aneh sekali, karena dia tahu betul bahwa namanya Bello. Bila dipanggil dengan nama lain dia sama sekali cuek.

Sayangnya hanya sekitar satu tahun saja, Bello “lenyap” begitu saja tanpa bekas yang konon di curi orang. Sedih juga membayangkan kehadiran Bello yang lucu setia dan sangat bersahabat dengan kami sekeluarga. Memori dengan si Bello tetap tersimpan rapih dalam ingatan, terutama setiap saat melihat anjing lucu berwarna coklat keemasan.

Pada tahun 2013 Tascha anak saya menawarkan apakah saya mau memelihara anak anjing yang “lucu” dari jenis Golden Retriever berwarna coklat keemasan. Tascha tidak tahu menahu tentang Bello kecuali pernah sesekali mendengar cerita dari saya.

Teringat dengan si Bello, dan juga saya sudah hampir memasuki 10 tahun masa pensiun, maka tawaran itu saya terima dengan senang hati.

Saat menerima si Bello Golden Retriever ini dia masih kecil sekali dan dapat dengan mudah digeret-geret dengan tali penghelanya untuk diajak menemani jalan kaki keliling kompleks sekitar rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kini Bello sudah besar sekali dan beratnya sudah tidak sanggup lagi untuk diangkat dan sudah sulit ditarik bila dia menahan dirinya tidak mau jalan bersama. Yang menyenangkan adalah, Bello mudah menjadi teman berolah raga di pagi hari dengan kesukaannya mengejar-ngejar bola ke mana-mana.

Katanya memang sudah menjadi sifat yang melekat dari seekor anjing jenis Golden Retriever, yang gemar mengejar bola dan kemudian membawanya kembali kepada tuannya.

Di antara sekian banyak jenis anjing peliharaan, ada yang berukuran cukup besar dan biasa digunakan oleh para penggemar anjing untuk membantu majikannya melakukan sesuatu yang berhubungan dengan hobinya. Anjing jenis inilah diantaranya yang dikenal sebagai anjing dari spesies Golden Retriever.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.