Cara Cek Harian Agar Mobil Terhindar Masalah

Kompas.com - 30/04/2016, 17:47 WIB
www.blog.greenflag.com Ilustrasi pengecekan mesin kendaraan

Jakarta, Otomania – Pemilik yang mengandalkan kendaraannya setiap hari biasanya beraktivitas sejak pagi hari. Taoi, karena kesibukan rutinitas, biasanya kerap mengabaikan kewajiban setiap pemilik kendaraan, setiap sebelum berkendara.

Kegiatan wajib tersebut adalah pemeriksaan kondisi komponen penting kendaraan. Hal ini diungkapkan Dolf Valentino, Service Manager Daihatsu Pangeran Jayakarta saat ditemui Otomania, belum lama ini.

“Setiap pagi hal paling mudah dilakukan adalah melakukan cek terhadap komponen-komponen penting kendaraan. Ini mencegah masalah pada kendaraan ke depannya,” ucap Dolf.

Kegiatan ini meski sederhana dan hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit, tetapi masih jarang dilakukan oleh pemilik kendaraan. Alasannya sudah pasti terburu-buru waktu.

Hal-hal yang perlu dilihat sebelum menggunakan kendaraan adalah pengecekan kondisi aki, level oli mesin, tangki air untuk wiper, dan kondisi air pendingin pada radiator.

Pengecekan aki dapat dilihat dari tinggi air aki berkurang atau tidak. Kurangnya air aki dapat menimbulkan masalah pada kendaraan nantinya.

Pengecekan level oli mesin dapat dilakukan sebelum menyalakan kendaraan. Cek melalui tongkat pengukur untuk memastikan level permukaan oli mesin, apakah normal atau kurang.

Tangki air untuk wiper penting juga untuk dilihat karena digunkan untuk membersihkan kaca saat hujan atau saat kaca terkena kotoran.

Kondisi air pendingin pada radiator jangan sampai kurang karena akibatnya akan fatal jika mesin kepanasan. Saat pemeriksaan air radiator sempatkan juga untuk melihat kekencangan fan belt yang letaknya berdekatan.

“Jika pemeriksaan harian ini dilakukan sebelum berangkat, pemilik kendaraan akan terus update mengenai kondisi kendaraan mereka. Ini cara paling sederhana untuk merawat kendaraan,” ucap Dolf.  


EditorAgung Kurniawan

Close Ads X