Manfaat Kopi untuk Setiap Bagian Tubuh

Kompas.com - 25/04/2016, 07:15 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Ya, kopi memang bersifat adiktif dan kadang membuat jantung berdebar serta gugup. Tapi, kopi juga menawarkan berbagai manfaat sehat dari kepala sampai ke kaki. Berikut manfaat sehat kopi bagi tubuh.

 

Daya ingat
Duaratus miligram kafein mampu meningkatkan kemampuan memori dalam jangka waktu lama, kata sebuah studi terbaru.

 

Kulit
Wanita yang rutin mengonsumsi tiga cangkir kopi pahit perhari, secara signifikan turun risikonya terhadap kanker kulit melanoma, menurut studi tahun 2012.

 

Liver
Konsumsi lebih dari dua cangkir kopi perhari, dapat mengurangi risiko penyakit liver seperti sirosis hati.

 

Ibu jari
Minum enam cangkir kopi perhari nampaknya bisa mengurangi kadar asam urat terutama pada pria, sehingga risiko gout berkurang hingga 59 persen.

 

Mood
Risiko depresi pada wanita berkurang hingga 20 persen pada wanita yang minum secangkir kopi, demikian kata penelitian Harvard School of Public Health.

 

Jantung
Mengonsumsi 200-300 mg kopi perhari membuat jantung bekerja lebih baik dengan cara melancarkan peredaran darah saat Anda beristirahat.

 

Energi
Minum tiga sampai empat cangkir kopi perhari akan membuat Anda lebih berenergi dan lebih tahan lama berolahraga, kata sebuah studi Plos One.

 

Diabetes
Konsumsi secangkir kopi tanpa gula perhari menurunkan risiko diabetes hingga 33 persen, menurut studi dari Harvard.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X